Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau dikenal dengan istilah abdimas merupakan wujud tanggung jawab sosial dari Perguruan Tinggi untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Kali ini kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyasar anggota koperasi, adapun tema yang diusung adalah Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Koperasi Wanita Atsiri Citayam.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung pada tanggal 25 September 2021, melalui aplikasi zoom conference. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana yakni Ibu Indah Purwandani, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh tutor Bpk Sismadi. Dalam sambutannya Ibu Indah Purwandani, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini dapat dijadikan peluang untuk mempromosikan produk, diantaranya dengan memanfaatkan media social. Biaya yang murah, penggunaannya mudah, jangkauan luas, komunikasi interaktif dengan konsumen, menjadikan pengunaan media sosial sebagai ajang promosi disinyalir lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti media iklan tradisional. Hal ini didukung oleh pola perilaku masyarakat yang sudah sangat akrab menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan inti dilakukan dengan memberikan pelatihan oleh tutor yakni Bpk Sismadi, dalam pemaparannya beliau mengungkapkan bahwa kegiatan pemasaran merupakan ujung tombak bagi semua pelaku usaha. Seiring perkembangan era komunikasi digital maka kegiatan pemasaran bergeser kepada platform digital, salah satunya adalah dengan media social. Media social disinyalir sangat efektif untuk meningkatkan penjualan sehingga peluang untuk dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk bahkan mereferensikan produk kepada orang lain terbuka luas. Selanjutnya menurut Bpk Ismadi, untuk meningkatkan minat masyarakat membeli produk maka kita perlu mengembangkan kreativitas dan inovatif dalam memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat meski dilakukan secara virtual namun tidak menyurutkan antusiasme dari peserta dalam mengikuti pelatihan hingga akhir, banyaknya pertanyaan kritis yang diajukan kepada narasumber serta keinginan dari banyak peserta untuk mengikuti pelatihan pada tahap selanjutnya. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Pemanfaatan E-Marketing Berbasis

Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Koperasi Wanita Atsiri Citayam, sehingga mampu menciptakan kreasi dan inovasi sebagai daya saing tersendiri bagi Koperasi Wanita Atsiri Citayam untuk meningkatkan minat beli konsumen, meningkatkan omset penjualannya serta mempromosikan produk baik dalam maupun luar negeri