Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi

Jakarta, 18 September 2021, telah berlangsung kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid 19”. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Dosen Program Studi Teknologi Informasi menggunakan Aplikasi Zoom, bermitra dengan TPQ Darul Hikmah berada di lingkungan Masjid Jami’ Darul Hikmah Kelurahan Pangkalan Jati Kecamatan Cinere Kota Depok. Saat ini pengajar TPQ Darul Hikmah belum dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (Daring) karena keterbatasan para pengajar dan orang tua siswa dalam pemanfaatan Teknologi Informasi.  Kebutuhan pokok TPQ Darul Hikmah adalah pemanfaatan Teknologi Informasi untuk  pembelajaran jarak jauh yang menarik minat belajar para siswa.

Pengabdian masyarakat diawali sambutan mewakili TPQ Darul Hikmah Bapak Maulana Idrus, S.Ag,  menyambut baik untuk kegiatan ini. Menurutnya, materi yang disampaikan dapat membantu pengajar dalam memberikan pembelajaran secara cepat dan mudah. Serta bersyukur dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat sangat bermanfaat dan mengucapkan banyak terima kasih. Tim dosen yang terdiri dari Wati Erawati, Haryani, Priatno, Sofian Wira Hadi memberikan pelatihan pembuatan Google Classroom. Wati Erawati selaku ketua tim pelaksana menuturkan bahwa keberadaan TPQ Darul Hikmah memiliki peranan penting dalam membangun moral dan akhlak siswa di lingkungan, sehingga dengan adanya pelatihan pemanfaatan Google Classroom menjadi sarana pembelajaran dan menambah keterampilan mengajar TPQ Darul Hikmah. Berlanjut pada materi yang disampaikan Sofian Wira Hadi menjelaskan Google Classroom adalah Platform gratis yang berbasis web dibuat mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan siswa.

Pengajar diharapkan sudah mempunyai email Google, setelah melakukan login email Google, pengajar dapat menggunakan fasilitas yang disediakan Google yaitu Classroom dengan membuat kelas dan membagikan kode kelas kepada siswa guna bergabung dan membagikan materi pembelajaran. Pengajar dapat melakukan pemantauan kemajuan pembelajaran dengan memberikan komentar. Materi yang disampaikan secara tahap demi tahap untuk setiap bagian dari Google Classroom. Acara ditutup dengan pemberian souvenir kepada pengurus dan pengajar TPQ Darul Hikmah. Harapan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, pengajar dapat memanfaatkan teknologi dan fungsi yang ada pada Google Classroom”.