Sosialisasi Mengenalkan Bisnis Waralaba Sesuai Teori Dan Prakteknya Di Indonesia Untuk Remaja Yayasan Rumah Harapan Cikarang Bekasi

Hari Sabtu tanggal 12 April 2025, Civitas Akademik Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Akuntansi (S1) mengadakan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Remaja Yayasan Rumah Harapan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tema yang diangkat pada kegiatan pengabdian Masyarakat kali ini adalah Sosialisasi Mengenalkan Bisnis Waralaba Sesuai Teori Dan Prakteknya Di Indonesia Untuk Remaja Yayasan Rumah Harapan Cikarang Bekasi. Bertindak sebagai Ketua Pelaksana adalah Dede Mustomi. Bertindak selaku Tutor yaitu Khoirul Ulum. Dengan anggota terdiri dari Eni Reptiningsih dan Ayu Azizah, serta diikuti oleh dua mahasiswa yaitu Prakoso Nugroho, Siti Maryani. Dede Mustomi selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat kali ini dibantu dengan beberapa orang tim dosen dan mahasiswa Universitas BSI, menjelaskan bagaimana Bisnis Waralaba secara teori dan prakteknya di indonesia yang isa menjadi salah satu jalan untuk memulai usaha. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ayu Azizah yang bertugas sebagai pembawa acara, kemudian kata sambutan dari pihak panitia dosen dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tutor Khoirul Ulum. 

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang cukup lama ada diberbagai negara termasuk Indonesia. Bisnis ini cukup memudahkan merkea yang ingin memiliki bisnis namun tidak perlu turun langsung menjalankan bisnisnya. Konsep bisnis waralaba juga diajarkan dibangku kuliah sebagai Pelajaran untuk mahasiswa. Bisnis waralaba sangat menarik meskipun membutuhkan modal yang cukup besar. Menariknya konsep bisnis waralaba karena pemilik modal bisa memakai merk usaha pihak lain dengan menerima bagi hasil atau keuntungan tanpa perlu turun langsung menjalankan bisnisnya karena. Tidak semua kalangan memahami konsep bisnis waralaba, padahal boleh jadi para peserta mitra kelak ingin terjun kedunia bisnis dan bisa menggunakan sistem bisnis waralaba. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah remaja Yayaysan Rumah Harapan Cikarang Bekasi dengan jumlah sekitar kurang lebih 20 peserta. Metode yang kami gunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini berupa sosialisasi bagaimana memahami secara teori dan prakteknya bisnis waralaba di Indonesia. Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan secara tatap muka bertempat di Yayasan Rumah Harapan. 

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara umum mengenai bisnis waralaba, baik secara teori maupun praktiknya. Manfaat kegiatan ini para remaja yayasan rumah harapan cikarang bekasi yaitu mereka memahami secara teori dan praktiknya bagaimana memulai untuk berbisnis secara waralaba. Capaian kegiatan ini diharapkan para remaja yayasan rumah harapan cikarang bekasi bertambah wawasannya akan hal yang realtif baru dalam dunia usaha terutama bisnis waralaba. Semoga pengabdian masyarakat kali ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi remaja yayasan rumah harapan cikarang bekasi dalam memahami lingkup bisnis waralaba di indonesia.