Pelatihan Pengelolaan Kas Kecil Pada Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah

Masjid berfungsi sebagai tempat ibadah shalat, tempat mengayomi dan membina umat sekitarnya secara aktif. Fungsi masjid sangat luas, maka perlu adanya idarah (pengelolaan). Termasuk dalam pengertian idarah adalah, perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan dan pengawasan. Pengelolaan keuangan masjid meliputi penggandaan uang, pembelanjaan yang tepat dan administrasi keuangan yang baik. Tujuan pengelolaan keuangan adalah untuk menumbuhkan kepercayaan antar pengurus masjid dan masyarakat sehingga mendorong orang agar lebih senang beramal. 

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) memiliki tugas salah satunya mengelola (idarah) administrasi keuangan masjid, baik berupa penerimaan uang kas yang bersumber dari zakat, infak, sedekah atau sumbangan dari para donatur dan juga pengeluaran uang kas untuk keperluan pembiayaan pembelanjaan masjid.  Untuk keperluan pembelanjaan masjid, Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah tentunya secara rutin mengeluarkan sejumlah uang baik yang nilainya cukup besar untuk keperluan tertentu, akan tetapi juga ada pengeluaran yang sifatnya rutin dengan jumlah yang relatif kecil. Dalam rangka pengurus lebih efektif dalam mengawasi keuangan berupa Kas, dan untuk mudah melakukan monitoring, sebaiknya pengurus DKM dalam administrasi keuangan, memisahkan pembukuan pencatatan  antara Kas untuk keperluan operasional yang jumlahnya cukup besar dan Kas Kecil untuk keperluan operasional masjid rutin yang nilainya relatif kecil dengan didukung bukti transaksi. Besaran jumlah Kas Kecil yang akan dibentuk tentu didasarkan pada ketentuan internal, disesuaikan dengan kebutuhan pengeluaran rutin masjid

Berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban para dosen, maka Universitas Bina Sarana Indonesia (UBSI) khususnya Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) secara rutin dan terjadwal melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Dikarenakan pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara daring (online) dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS), melalui video Conference dengan aplikasi Zoom.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, tema yang diangkat oleh tim dosen Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah “Pelatihan Pengelolaan  Kas Kecil Pada Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada para Pengurus DKM Darul Hikmah yang beralamat di  Jl. H. Terin RT. 006 RW. 003  Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok,  pada hari Sabtu, tanggal  18 September 2021,  pukul  09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan puluhan peserta. Mari Rahmawati, M.Kom selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, mengemukakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan Pengelolaan Kas Kecil Pada Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah agar upaya pengelolaan dana terutama dana kas DKM dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini, melibatkan dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Mari Rahmawati, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana, Wangsit Supeno, MM., selaku koordinator tutor,  Ade Fitria Lestari, M.Kom. selaku tim tutor sebagai moderator, Rusma Insan Nurachim, M.Kom., selaku tim tutor sebagai operator aplikasi virtual meeting. Adapun dari mahasiswi Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang turut terlibat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, yakni Saffa Adi Naura, Lala Fitriansyah, dan Anggi Riantika Dewi. Dalam agenda Pengabdian Masyarakat ini, peserta diminta untuk mengisi daftar hadir. Kemudian tutor, bapak Wangsit Supeno, MM yang telah menyiapkan materi pelatihan, memandu pemaparan materi pelatihan melalui video conference dengan aplikasi zoom kepada  peserta yang terdiri atas para pengurus DKM Masjid Darul Hikmah. Materi pelatihan menjelaskan bagaimana agar pengelolaan kas kecil dapat menjadi lebih baik, pembelanjaan yang tepat dan administrasi yang rapi. Selain itu pula dapat menumbuhkan kepercayaan antar pengurus maupun masyarakat sekitar masjid untuk lebih senang beramal.

Pengurus DKM Masjid Darul Hikmah, Bapak Romelih HA, S. Ag selaku perwakilan Yayasan Darul Hikmah,  menyatakan bahwa dirinya merasa sangat senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan pelatihan ini, karena sangat memberikan manfaat kepada para pengurus dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa melakukan aktivitas yang lebih baik. Begitu pun antusiasme peserta mengikuti pelatihan sangat terlihat. 

Kegiatan ditutup dengan doa dan dokumentasi. Pada akhir acara,  Mari Rahmawati, M.Kom. selaku ketua pelaksana menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi para pengurus DKM Masjid Darul Hikmah yang mengikutinya