Pelatihan Keamanan Komputer Dalam Penggunaan Windows Bagi Staff Dan Anak-Anak Lksa Nurul Iman Karawang

Masa Pandemi Covid 19 yang tengah berlangsung saat ini tidak menyurutkan semangat para Dosen untuk tetap melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi yang telah dilaksanakan adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat kali ini sangat berbeda dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat sebelumnya. Hal ini disesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid 19 dimana wilayah tempat dilaksanakannya pengabdian masyarakat tengah melaksanankan PSBB (pembatasan sosial berskala besar).

Sehingga kegiatan pengabdian masayarakat dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Mei 2020 pukul 09.00 dengan melibatkan beberapa orang staf dan anak-anak LKSA (lembaga kesejahteraan sosial anak) Nurul Iman Karawang. Tujuan pelaksaaan pengabdian masyarakat di LKSA ini adalah agar para staf dan anak-anak asuh dapat memahami mengenai sistem keamanan yang terdapat pada komputer. Sehingga dalam prakteknya nanti jika terdapat suatu masalah terkait dengan keamanan komputer, mereka dapat dengan mudah mengatasi kendala tersebut.

Sebelum acara Pengabdian masyarakat dimulai panitia telah melakukan koordinasi terlebih dahulu salah satunya yaitu menyampaikan ID dan Password kepada para peserta untuk nantinya dapat berinteraksi pada aplikasi Zoom. Beberapa kendala memang kami alami dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat secara online ini salah satunya adalah jaringan koneksi internet yang terkadang/tiba-tiba terputus ditengah penyampaian materi. Namun hal ini tidak mengurangi semangat kami sebagai panitia pengabdian masyarakat dan juga peserta untuk dapat terus menyampaikan dan menyimak materi sampai selesai. Setelah materi disampaikan kemudian diadakan diskusi dan juga tanya jawab. Selain itu panitia juga memberikan beberapa pertanyaan/questioner terkait dengan materi dan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini.

Hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan dan tanggapan atas pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan. Alhamdullillah hampir kurang lebih satu jam kegiatan pengabdian masyarakat secara online telah dilaksanakan dengan lancar. Pengalaman yang sungguh sangat menyenangkan dan bersyukur tetap dapat berbagi ilmu dalam kondisi pandemi ini. Tak lupa terima kasih kami ucapkan kepada para peserta yaitu staf dan anak-anak LKSA di Nurul Iman atas partisipasinya dalam acara pengabdian masyarakat ini semoga kegiatan ini menjadi ilmu dan amalan yang terima oleh Allah SWT.