Pelatihan Pembuatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

Proses evaluasi sebagai upaya pengukuran kemampuan dalam kegiatan pendidikan dapat dilakukan dengan beberapa metode. Teknik sederhana yang seringkali digunakan adalah dengan memberikan soal melalui media kertas untuk selanjutnya diberikan jawaban dan hasilnya dikembalikan. Akan tetapi teknik ini hanya memungkinkan jika antara pengajar dan peserta didik bertemu secara langsung. Lalu bagaimana jika situasi tidak memungkinkan untuk dilakukan tatap muka sedangkan proses evaluasi tetap harus dilakukan?

Dengan latar belakang tersebut, mitra Tpq Masjid Jami Darul Hikmah Depok bersama tim pengabdian masyarakat dari Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan pelatihan untuk membuat skema penilaian/evaluasi daring dengan tema kegiatan "Pelatihan Pembuatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada TPQ Masjid Jami Darul Hikmah Depok" yang dilaksanakan pada tanggal 11 - 18 September 2021.

Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua model, yaitu luring dan daring, karena tidak memungkinkan dilakukan secara full luring, maka 50% tim melaksanakan kegiatan secara langsung di lokasi dan sisanya menyampaikan materi secara daring melalui media online meeting zoom. Beberapa materi pening yang disampaikan antara lain mengenai proses pembuatan soal, berbagi link, penyesuaian tampilan halaman dan manajemen serta mekanisme perekapan data tangkapan dari peserta yang mengikuti evaluasi.

Materi ini cukup bermanfaat bagi mitra mengingat situasi saat ini yang mengharuskan penerapan protocol kesehatan pada semua lini termasuk kegiatan belajar baik formal maupun non formal, kami dari tim pengabdian masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika, khususnya Program Studi Teknik Elektro mengharapkan semoga kami dapat berkontribusi lebih maksimal untuk mitra dan materi yang disampaikan dapat memberikan dampak yang positif untuk keberlangsungan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh mitra TPQ Masjid Jami Darul Hikmah Depok. YPA