Penyuluhan Bedah Digital Marketing Untuk Pemberdayaan Masyarakat UMKM Pabuaran

Pergerseran paradigma pada kegiatan pemasaran beberapa tahun terakhir ini banyak mengalami perubahan ke arah digitalisasi, ini berlaku tidak hanya pada sektor tertentu saja, melainkan hampir dibanyak bidang mengalaminya. UMKM sebagai salah satu pelaku bisnis yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pun dituntut untuk dapat mengikuti pergerakan perkembangan ke arah digitalisasi.

Tantangannya adalah tidak semua pelaku UMKM dapat dengan mudah mengikuti proses metamorfosis tersebut, beberapa pelaku usaha dibawah payung UMKM adalah pemain usaha lama dimana mereka hanya mengetahui dan mengandalkan teknik pemasaran konvensional ditengah maraknya platform online seperti marketplace dan lain sebagainya.

Guna menjawab tantangan tersebut, dosen Universitas Bina Sarana Informatika khususnya Program Studi Teknik Elektro menyelenggarakan penyuluhan guna membedah konsep dan teori Digital Marketing bagi pelaku usaha di UMKM Pabuaran pada tanggal 18 September 2022 bertempat di gedung serbaguna kelurahan Pabuaran Kecamatan Bojonggede. Kegiatan tersebut mendapat antusiasme yang cukup baik dari para peserta kegiatan.

Teknis kegiatan dimulai dengan melakukan survey mengenai pemahaman digital marketing, marketplace, berapa persen pengguna marketplace, maksimalisasi branding dan adversite masing-masing brand pelaku usaha di UMKM Pabuaran. Hasilnya ternyata penggunaan media digital untuk marketing masih sangat sedikit.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini para pelaku usaha di UMKM Pabuaran, diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai kegiatan pemasaran dengan memaksimalkan platform digital. Selain itu untuk tindak lanjut keberlanjutannya diharapkan kerja sama antar Kampus UBSI dalam hal ini dosen-dosen dengan pihak UMKM dapat terus terjalin agar kami sebagai dosen dapat terus mendampingi proses metamorfosis UMKM Pabuaran kearah yang lebih baik lagi. YPA