UMKM Go Online Upaya Lawan Covid-19 Kelompok Ibu- Ibu Pkk Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur
Semenjak pandemi Virus Corona ini mengakibatkan terganggunya hampir semua industri bisnis dari berbagi sektor, dan merubah perilaku masyarakat dunia di semua kalangan. Begitu pula dampak akibat Covid-19 paling terasa terjadi pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengalami permasalahan dengan adanya penurunan pada hasil omzet penjualan, kesulitan dalam mendapatkan pembiayaan/kredit, permasalahan dalam distribusi barang, dan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah. Pelaku UMKM kurang memiliki ketahanan dan fleksibilitas dalam menghadapi pandemi ini dikarenakan beberapa hal seperti tingkat digitalisasi yang masih rendah, kesulitan dalam mengakses teknologi dan kurangnya pemahaman tentang strategi bertahan dalam bisnis. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat kali ini dosen dengan mahasiswa dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika bekerjasama dengan mitra ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur mengambil tema “UMKM Go Online Upaya Lawan Covid-19 ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur” yang telah diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021. Penyelenggaraan pengabdian masyarakat kali ini terjadi saat pendemi Corona sehingga dilaksanakan secara online melalui media zoom. Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/85912882282?pwd=dzQ0OXZOeFlWUitNN1RQbjJZTEhUUT09
Meeting ID: 859 1288 2282, Passcode: JTW. Hasil yang diharapkan dari kegiatan PM ini adalah menambah pengetahuan ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur selaku pelaku usaha UMKM dalan hal memasarkan produknya secara online (go online) sehingga diharapkan meningkatkan hasil omzet penjualan dan melancarkan dalam distribusi barang.
Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Suparman Hilawu, S.Sos, M.Si. selaku wakil dari Universitas Bina Sarana Informatika sekaligus menyampaikan materi.
Dalam kesempatan ini sebelum penyampaian materi ibu-ibu PKK sebagai pelaku usaha UMKM kecil seperti menjual sembako, makanan ditanya tentang keluhan dampak dari pandemi ini terhadap usahanya, yang sebagian besar mengeluhkan tentang penurunan omset penjualan yang signifikan karena memang pemasaran yang mereka lakukan masih secara konvensional. Berdasarkan keluhan tersebut, kita dapat simpulkan bahwa wabah Corona memang sangat berdampak terhadap pelaku UMKM. Jika sudah seperti ini, ibu-ibu PKK sebagai pelaku usaha UMKM pun harus siap sedia dalam mengantisipasinya agar usahanya tetap produktif dan tidak gulung tikar. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan PM kali ini untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi diprioritaskan dalam hal meningkatkan kemampuan penjualan ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur selaku pelaku usaha UMKM dengan go online, sehingga diharapkan meningkatkan hasil omzet penjualan dan melancarkan dalam distribusi barang. Sosial media sangat berpengaruh besar dalam pemasaran suatu produk. Jumlah pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya semakin lama semakin meningkat sehingga hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk. Selain itu, di beberapa media sosial menyediakan fitur-fitur yang mampu mempermudah kinerja promosi iklan bisnis online.
Dengan melakukan pemasaran melalui online, maka daya jangkau promosi menjadi luas dan tidak terbatas, bahkan para konsumen dapat menemukan produk dengan mudah selama mereka mendapatkan akses internet yang cukup baik. Selain itu, melakukan pemasaran melalui online juga akan memberikan kemudahan yang cukup banyak bagi para konsumen. Mulai dari memilih barang, pembayaran serta tidak perlu repot harus datang jauh-jauh datang ke toko, sebab hanya dengan mengakses toko virtual yang ada, konsumen dapat denga mudah mendapatkan yang mereka inginkan. Dengan diharapkan penjualan produk semakin meningkat.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan PM ini adalah menambah pengetahuan ibu-ibu PKK Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur selaku pelaku usaha UMKM dalan hal memasarkan produknya secara online (go online) sehingga diharapkan meningkatkan hasil omzet penjualan dan melancarkan dalam distribusi barang.
Tautan Penting