Sosialisasi Menjadi Wirausaha Berbasis Teknologi Informasi Melalui Marketplace Tokopedia

Data menurut We Are Social & Hootsuite (2021) menunjukkan bahwa sebanyak 202,6 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2021 telah memiliki akses dan menjadi pengguna internet. Dari angka tersebut, 87,1% diantanya merupakan pembeli online, dimana satu dari lima orang pengguna internet selalu berbelanja online. Fenomena ini menunjukkan adanya peluang bagi masyarakat untuk mengambil peran bukan hanya sebagai pembeli namun sebagai pejual pada berbagai platform online yang semakin mudah diakses dan digunakan. Sehubungan dengan peluang tersebut, program studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) PSDKU Karawang menyelenggarakan sosialisasi cara menjadi wirausaha dengan berbisnis online melalui marketplace Tokopedia. Dede Firmansyah Seafuddin, M.Kom. selaku ketua program studi memaparkan bahwa kegiatan tersebut adalah wujud tri dharma perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswaa sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Tema kegiatan yang dipilih sejalan dengan visi dan misi program studi. Adapun mitra kegiatan adalah Pemerintah Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Kegiatan dikemas dalam bentuk workshop selama satu hari di ruang serbaguna kecamatan Karawang Barat pada hari Sabtu 10 Desember 2022 mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00. Hadir sebanyak 20 peserta dari unsur staf kantor kecamatan dan masyarakat umum dengan latar belakang profesi yang beraneka ragam. Narasumber pada kegiatan ini adalah Lukmanul Hakim, S.I.P., M.M. Menurut Lukman materi yang disampaikan kepada peserta bersifat praktis yang dapat langsung diimplementasikan oleh peserta. Materi bersumber dari buku dan video Panduan Memulai Usaha di Tokopedia. Beberapa materi diantaranya tentang pengenalan bisnis online, cara membuka toko di marketplace Tokopedia, pengaturan akun sebagai penjual, pengaturan produk yang dijual, proses transaksi, memeriksa dan menarik saldo penghasilan, mengoptimalkan toko online dengan berbagai fitur yang tersedia di Tokopedia, memonitor dan memeriksa kinerja toko online. Menurut Ratnawati, M.Kom selaku Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang bisnis online dan cara memulai bisnis melalui platform marketplace Tokopedia. Manfaat kegiatan ini adalah peserta memiliki kemampuan untuk menginstall aplikasi, membuat dan mengelola akun penjual, serta memulai berbisnis dengan menjual produk secara online di aplikasi Tokopedia. Hasil yang yang dicapai adalah setiap peserta telah mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keahlian, serta memiliki akun penjual di marketpalce Tokopedia. (LUH)