Sosialisasi Digital Marketing dan Pengaplikasian Tik-Tok Pada RPTRA ANNUR
Sosialisasi Digital Marketing dan Pengaplikasian Tik-Tok Pada RPTRA ANNUR Jakarta, Oktober 2024 – Dosen Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melakukan pengabdian masyarakat berupa Sosialisasi Digital Marketing dan Pengaplikasian Tik Tok Pada RPTRA ANNUR Jakarta, pada Sabtu (26/10). Endang selaku pemateri menjelaskan bahwa setiap orang bisa menjadi sukses sebagai Tik-Toker. Ini membuka peluang bisnis di era digital marketing. Ketersediaan platform online marketplace yang beragam memberikan ruang yang luas bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi khususnya desain grafis. Pelaku usaha disini tidak harus memiliki ruang usaha yang memadai, lengkap dengan peralatannya, akan tetapi dengan media dan prasarana terbatas sekalipun dapat mendatangkan “cuan” yang tanpa batas, yaitu menjadi Tik-Toker. Marketplace yang beragam harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menopang pemasaran produk yang dihasilkan oleh RPTRA An-Nur Jakarta.
Hal ini membuat dosen Universitas BSI mengadakan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Tik-Tok di era digital marketing untuk data menambah penghasilan atau income para peserta sosialisasi. Menurut Endang, “Tik-Tok memiliki keunggulan sebagai media era digital marketing karena dapat menjangkau lebih banyak target audiens dan engangement iklan,” ujarnya dalam keterangan rilis, Sabtu (26/10). Endang menambahkan bahwa selain basis audience yang besar, jutaan users, bisa menargetkan lokasi, lewat aplikasi Tik-Tok user bisa membuat channel brand sendiri. Tentu inilah peluang yang sangat promising di era digital marketing, imbuhnya. Rahmat Hidayat, M.Kom selaku ketua pelaksana menambahkan pemanfaatan aplikasi TikTok dalam bisnis sangat berpeluang untuk meningkatkan pendapatan khususnya untuk pelaku usaha dari RPTRA An-Nur Jakarta. Ada banyak peluang bisnis di masa sekarang, tetapi pemanfaatan aplikasi TikTok memberikan peluang bisnis lebih menjanjikan karena sudah banyak creator TikTok local yang sukses dan meraup banyak cuan secara positif.
Successful TikTok Campaign Endang menambahkan, ada beberapa trik yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi sukses lewat campaign TikTok. Ada 7 hal untuk menggapai tujuan tersebut : 1) Mutlak siapapun bisa menjadi viral via TikTok, 2) Hashtag TikTok sama Relevannya, 3). Awasi Budaya Trending TikTok, 4) Keterlibatan mendorong Kinerja, 5). Tersedianya sources suara yang melimpah di TikTok, 6).Influencer dapat membantu campaign, 7). Temukan opsi untuk iklan TikTok. Beliau menegaskan bahwa dengan memperhatikan 7 hal tersebut, setiap orang berpeluang untuk menjadi Successfull TikToker. Selain itu rekan dosen yang turut hadir di acara sosialisasi tersebut, Ela Nurelasari, M.Kom dan Juniato Sidauruk, S.S., M.Hum mengutarakan hal senada dengan pembicara. Ela mengatakan “Iya benar adanya bahwa TikTok sudah banyak memainkan perannya dalam digital marketing” tandasnya. Pernyataan Ela juga disupport oleh Juniato, “Pastinya kita harus pintar melihat peluang dari banyaknya aplikasi digital marketing dan segera memanfaatkannya guna menambah pundi-pundi cuan secara positif, dan saya yakin kita bisa maju bersama,” tegasnya (26/10).
Tautan Penting