Penyuluhan Pemasaran Produk Melalui Marketplace Pada UMKM Desa Pasirkamuning Karawang
Bertempat di ruang serbaguna Desa Pasirkemuning, Kecamatan Tegalsari Kabupaten Karawang, Tim dosen Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang melaksankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi berupa penyuluhan pemasaran produk melalui marketplace. Penyuluhan ini diselenggarakan pada hari Sabtu 4 November 2023, diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan para wirusaha mikro kecil di bidang produksi dan pemasaran makanan ringan. Kegiatan dapat terselenggara dengan sukses atas kerjasama Panitia PM dengan LPM Desa Pasirkemuning Karawang. Materi penyuluhan membahas tentang peluang pemasaran melalui media online. Pemamaparan materi disampaikan selama 3 jam oleh tutor yang juga menjabat sebagai ketua program studi yaitu Dede Firmansyah Saefudin., S.Kom., M.Kom. Beberapa topik materi yang disampaikan diantaranya tentang dasar-dasar pemasaran digital atau digital marketting, pengguna internet di Indonesia, pengguna media sosial di Indonesia, membuat konten produk di media sosial, pemanfaatan aplikasi jual beli online secara gratis, dan tahapan membuat toko online shop. Setelah pemaparan, dilakukan pendampingan oleh dosen dan mahasiswa untuk membuat akun pada marketplace dan praktik mempromosikan produk dan menjual produk pada marketplace. Menurut ketua panitia Ratnawati, S.Kom., M.Kom. tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang pemasaran melalui platform digital yaitu marketplace. Selain itu, peserta diberikan praktikum untuk membuat akun, mempromosikan produk, dan melakukan transaksi pada marketplace. Dengan demikian manfaat kegiatan ini adalah memberikan keahlian praktis kepada para peserta untuk berjualan secara online. Keuntungannya sehingga jangkauan pemasaran produk-produk usaha peserta menjadi semakin luas, para wirausaha berpotensi mendapatkan peningkatan omzet penjualan. Setelah kegiatan terselenggara, hasil kegiatan sudah mulai terlihat dengan kemampuan para peserta sebagai pelaku usaha mampu membuat akun di marketplace, mampu membuat membuat promosi produknya, dan mampu melakukan transaksi melalui marketplace. (LUH)
Tautan Penting