Penerapan Sistem Informasi untuk Manajemen dan Administrasi Masjid Solusi dan Pelatihan menggunakan Aplikasi e-Masjid
Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparansi manajemen Mesjid Jami’ Darul Hikmah, maka kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengangkat tema “Penerapan Sistem Informasi untuk Manajemen dan Administrasi Masjid: Solusi dan Pelatihan menggunakan Aplikasi e-Masjid”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2024 di Masjid Darul Hikmah mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pengurus masjid mengenai penggunaan aplikasi e-Masjid, yang di rancang khusus untuk membantu mengelola administrasi dan manajemen keuangan masjid. Dengan aplikasi ini, diharapkan Masjid dapat mengoptimalkan layanan kepada Jemaah serta meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan dana masjid.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan pembukaan berupa sambutan dari perwakilan DKM Mesjid Darul Hikmah yaitu bapak Abdul Rosyid, S.Si, selanjutnya pemberian sambutan dari perwakilan paniia pengabdian kepada masyarakat yang diwakilkan oleh Bapak Rachmat Adi Permana, M.Kom.
Agenda kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi yang di sampikan oleh tutor, pemaparan materi berupa penjelasan mengenai pentingnya system informasi dalam manajemen masjid, setelah itu melakukan pelatihan praktis yaitu merupakan sesi interaktif untuk mengoperasikan aplikasi e-Masjid dan yang terakhir adalah sesi tanya jawab yaitu kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi dalam melakukan pengelolaan masjid melalui aplikasi e-Masjid. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa halaman website bagi masjid darul hikmah yang bias diakses melalui laman https://darul-hikmah.emasjid.id.
Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengurus masjid dan masyarakat umunya. Mari bersama-sama memakmurkan dan membangun masjid yang lebih baik mealui teknologi.
Tautan Penting