Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Digital Marketing untuk Pemasaran Produk UMKM pada UMKM Desa Rawa Panjang Bogor

Mengusung tema “Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Produk UMKM Pada UMKM Desa Rawa Panjang Bogor”, tim dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang terdiri dari Asrah Tandirerung Ranteallo, Niken Herawati dan Syahrial Addin, beserta dua orang mahasiswa, telah sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat secara tatap muka (offline) di Forum UMKM Desa Rawa Panjang, Bogor pada Sabtu (28/9/24) silam, Pkl. 09.00 – 11.00 wib.

Dalam sambutannya, Asrah selaku ketua pelaksana menegaskan, bahwa pemanfaatan digital marketing sangatlah diperlukan guna pengembangan pemasaran setiap jenis usaha, dalam hal ini khususnya para pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum UMKM Desa Rawa Panjang Bogor ini.
Ia juga menambahkan, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan, “Selain untuk menambah ilmu dan meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM Desa Rawa Panjang Bogor terutama dalam hal pemanfaatan media sosial (digital marketing), pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung aktivitas para pelaku UMKM Desa Rawa Panjang Bogor dalam memasarkan produk-produk yang mereka hasilkan, dimana saat ini pelaku UMKM tersebut sebenarnya sudah menggunakan pemasaran digital sebagai media untuk memasarkan produk mereka, namun kurang optimal karena keterbatasan-keterbatasan yang mereka miliki dalam penggunaan media sosial yang ada tersebut. Saat ini UMKM di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan perekonomian negara dan dapat mengurangi pengangguran. Oleh karena itu, ia mengharapkan seluruh peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dari awal sampai akhir agar ilmu yang disampaikan dapat terserap secara baik ujarnya dalam rilis yang diterima Senin (30/9/24).

Sugiyanto, salah satu peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini menuturkan bahwa, ia sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dimana lewat pelatihan ini membuat dirinya mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai pemasaran menggunakan digital marketing, dan lebih lanjut ia menambahkan untuk diadakan pelatihan berikutnya dengan waktu yang cukup dan materi berikutnya, ujarnya.