Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Di PT Dwi Elang Perkasa

Tingkatkan pemahaman karyawan dalam pengelolaan teknologi pemasaran, Dosen Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Pengabdian Masyarakat Mandiri Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 dengan memberikan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Di PT. Dwi Elang Perkasa. PT. Dwi Elang Perkasa memulai beroperasi sejak tahun 2002. Usaha dibawah naungan PT. Dwi Elang Perkasa dimulai dengan membuka usaha penjualan bahan bakar SPBU yang diberi nama Pertashop. Kemudian dilanjutkan dengan usaha ekspedisi yang bernama PT. Dwi Elang yang ternyata tidak berjalan lancar. Setelah itu dibuka usaha Homestay dan Paket Wisata. Baru di tahun 2023 PT. Dwi Elang Perkasa mengembangkan sayap usahanya dengan membuka unit baru dan diberi nama Ayem – Ayem Coffee. Seiring berjalannya waktu unit usaha yang baru berjalan satu tahun tersebut memiliki kendala dibidang marketing salah satunya kurangnya penggunaan Teknologi untuk mendukung bidang marketingnya sehingga marketing belum berjalan maksimal dan hanya sebatas konten dimedia social saja.

Dimana untuk konten media social terdapat kelemahan kurang detailnya informasi yang didapatkan oleh pihak consumer sehingga mereka menanyakan terkait website usaha untuk mendapatkan informasi lebih detailnya. Dosen Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika dan beberapa mahasiswa melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Di PT. Dwi Elang Perkasa yang berlokasi di Kelurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bukti kontribusi dari ilmu yang dimiliki. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan tanggal 10 Mei 2024 dengan memberikan sosialisasi terkait dengan penggunaan digital marketing berupa “Pengelolaan Website Digital Restaurant Menu”. Pada kesempatan ini tutor bapak Paulus Tofan Rapiyanta, S.T., M.Eng menjelaskan mengenai bagaimana mengelola dan menggunakan website digital restaurant yang sudah ada untuk menampilkan menu, menambahkan informasi sehingga dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan lebih cepat dan baik. Dengan pengelolaan website restaurant yang baik diharapkan dapat memberikan informasi terkait restaurant, pelanggan dapat melakukan pemesanan dan transaksi dengan mudah. Dalam Pengabdian Masyarakat ini dijelaskan dan dipraktekkan juga bagaimana penggunaan Website Digital Restaurant Menu baik dari sisi pengelola (administrator) maupun dari sisi pengguna. Kegiatan ini disambut baik oleh perwakilan Manajemen PT. Dwi Elang Perkasa.

Dalam sambutannya bapak Syamsudin Ahmad berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan dan bisa terus dipraktekkan dan dimonitoring pelaksanaannya sehingga kedepannya permasalahan terkait kurangnya penggunaan teknologi dibidang marketing dapat terselesaikan. Selaku dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Ibu Anastasia Meyliana, M.kom; Ibu Anik Andriani, M.Kom; Ibu Lina Ayu Safitri, S.E., M.M dan dua mahasiswa program Sistem Informasi yang ikut dalam kegiatan ini yaitu Bayu Kresna Adjie dan Frendy Haryanto juga mengungkapkan kepuasannya karena sudah berkontribusi dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Para peserta pelatihan juga antusias karena kegiatan ini tidak hanya berupa sosialisasi tetapi diikuti juga dengan praktik pengelolaan websitenya secara langsung. (Lina Ayu Safitri)