Pelatihan Bahasa Inggris dan Service Excellent Guna Tingkatkan Kemampuan Komunikasi kepada Tamu Asing

Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika menggelar kegiatan pelatihan komunikasi Bahasa Inggris dan excellent service untuk Pramusaji Ayem-Ayem Coffee pada hari Minggu, 19 Maret 2023 di Ayem-Ayem Coffee. Ayem-Ayem Coffee merupakan salah satu restoran yang terletak di daerah Sleman, Yogyakarta. Selain merupakan salah satu salah satu kewajiban Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, pelatihan ini juga dilaksanakan sebagai salah satu upaya pembekalan bagi para pramusaji Ayem-Ayem Coffee,agar nantinya mereka mampu melayani tamu/ pelanggan dengan baik, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada tamu/pelanggan dari luar negeri.

Acara pelatihan diawali oleh pemaparan dari Bapak Chriswardana Bayu Dewa, S.E, M.M. Beliau memaparkan tentang service quality. "Service quality atau kualitas pelayanan adalah faktor-faktor penting dari pelayanan yang dianggap penting oleh konsumen. Tips melayani tamu dengan baik yakni menguasai list menu restoran, dapat multitasking, sopan dan perhatian saat penyajian, menjaga kecepatan waktu penyajian, dan mengenali pelanggan dengan baik," papar Bapak Chriswardana. Selanjutnya, Ibu Devita Widyaningtyas Yogyanti, S.S., M.A., Angela Bayu Pertama Sari S.Pd., M.Pd., dan Dwi Iswahyuni, S.Pd.,M.Pd. melanjutkan acara pelatihan dengan memaparkan tentang communicative expressions/ ekspresi komunikasi yang digunakan dalam melayani tamu restoran.

Communicative expressions ini mencakup greeting (sapaan) and welcoming guests (menyambut tamu), offering help (menawarkan bantuan), handling orders (menangani pesanan), menu explanation (penjelasan menu), serving orders (menyajikan pesanan), managing complaints (menangani komplain/keluhan dari tamu), dan thanking (ucapan terima kasih) and leave-taking (salam perpisahan). Selama pelatihan berlangsung, peserta terlihat cukup antusias. Owner Ayem-Ayem Coffee mengucapkan rasa terima kasih nya atas terselenggaranya pelatihan komunikasi Bahasa Inggris dan excellent service tersebut. Pelatihan tersebut dirasa sangat bermanfaat karena materi yang disampaikan cukup berkaitan dengan usaha mereka. Kegiatan pelatihan ditutup dengan games, tanya jawab seputar materi pelatihan di hari tersebut.