Pelatihan Aplikasi Canva untuk Pemasaran Secara Digital Produk UMKM Kedung Waringin
Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Mendukung UMKM Kedung Waringin, Bogor, dengan Pelatihan Aplikasi Canva untuk Pemasaran Secara Digital Produk UMKM Kedung Waringin Bogor. Bogor, 12 Oktober 2024 – Pelatihan penggunaan aplikasi Canva dengan tujuan untuk memasarkan produk – produk UMKM Kedung Waringin secara dijital, telah dilaksanakan dengan baik dan penuh antusias oleh peserta. Ilmu yang bermanfaat telah didapatkan untuk kemudian akan di implementasikan dalam mempromosikan produk para peserta.
Tim dosen UBSI yang dipimpin oleh Bapak Adi Supriyatna, M.Kom memulai pelatihan dengan memperkenalkan berbagai fitur pada aplikasi Canva mempergunakan handphone masing – masing peserta. Hal ini dilakukan karena alat tersebut lebih banyak digunakan oleh para peserta pelatihan untuk memodifikasi berbagai macam spanduk promosi. Para dosen dan mahasiswa dilibatkan untuk membantu peserta pelatihan dalam membuat spanduk ataupun selebaran promosi yang menarik dan kaya informasi sehingga pada akhirnya akan menarik minat konsumen untuk membeli produk. Ibu Ita Erlyana selaku ketua UMKM Kedung Waringin sangat mendukung pelatihan ini dikarenakan para dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika mau berbagi ilmu yang terkait teknologi untuk dipergunakan para anggota UMKM dalam meningkatkan keahlian mereka dalam promosi produk.
Ibu Ita sangat berterima kasih atas kesediaan para dosen dan mahasiswa untuk mengajarkan hal – hal yang berguna tersebut. Para dosen berharap agar ilmu yang telah diberikan dapat di implementasikan segera untuk meningkatkan kualitas promosi produk sehingga dapat menarik pembeli atau konsumen untuk membeli yang berakibat peningkatan penjualan bagi para anggota UMKM Kedung Waringin. Para dosen juga memberikan trik agar brosur maupun spanduk promosi menarik minat pembeli dengan teknik penulisan dan pemilihan kata yang tepat, ukuran huruf, pemilihan warna, peletakan gambar produk sehingga mewakili informasi produk dan penjualnya. Hal ini perlu dipelajari oleh peserta pelatihan agar pembuatan media promosi tidak hanya sekedar dibuat tanpa makna dan terkesan asal – asalan.
Peserta pelatihan kemudian diajak bermain dengan cara membuat contoh spanduk ataupun brosur dari produk yang mereka miliki, dimana ketua panitia kemudian akan memilih spanduk ataupun brosur terbaik untuk mendapatkan hadiah hiburan dari panitia penyelenggara pelatihan. Ketua UMKM Kedung Waringin sangat berharap agar pelatihan selanjutnya dapat dilaksanakan kembali dengan materi yang masih berhubungan dengan peningkatan penjualan produk untuk menambah ilmu dan wawasan dari anggota UMKM. Ibu Ita juga berharap agar pelatihan hari ini menjadi awal terbinanya anggota UMKM menjadi lebih produktif melalui kerjasama antara pihak UMKM dengan para dosen serta mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika. (LSH)
Tautan Penting