Sharing Ilmu Pemanfaatan Digital Image Processing sebagai Penunjang Kegiatan Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kampus Digital Kreatif Universitas Binsa Sarana Informatika (BSI) baru saja melaksanakan kegiatan Sharing Ilmu dengan materi Pemanfaatan Digital Image Processing sebagai Penunjang Kegiatan Penelitian. Kegiatan ini di gelar secara daring melalui Zoom Meeting Pada Senin (10/14/2023) pada pukul 09.00-12.00 WIB, yang dihadiri oleh dosen dilingkungan Universitas BSI.

Pemanfaatan Digital Image Processing sebagai Penunjang Kegiatan Penelitian ini merupakan bagian dari upaya LPPM Universitas BSI dalam meningkatkan motivasi dan mendorong para dosen dalam melakukan penelitian atau publikasi dengan tema pembahsan yang baru yaitu mengenai pengolahan citra digital yang dapat diterapkan. Dan meningkatkan pemahaman para dosen pengelolaan data citra sebagai penunjang penelitian, dan semoga dapat meningkatkan jumlah penelitian Bapak/Ibu dalam penelitian internal atau ekternal maupun hibah, sehingga menghasilkan luaran penelitian dan benar-benar bermutu.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus ketua LPPM Universitas BSI yaitu Bapak Dr. Taufik Baidawi, M.Kom: Kegiatan ini dilaksanakan agar dosen dan peneliti mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dari pembicara untuk dapat diimplementasikan ke dalam penelitan atau publikasi, diharapkan staff di LPPM dapat saling memberikan dan sharing ilmunya dalam bentuk seminar maupun workshop supaya dapat memotivasi dan meningkatkan mutu penelitian dan publikasi (Senin, 10/04/2023).

Materi “Pemanfaatan Digital Image Processing sebagai Penunjang Kegiatan Penelitian” di sampaikan oleh Monikka Nur Winnarto, M.Kom. Yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2013 dengan peserta Bapak/Ibu dosen dan peneliti di lingkungan Universitas BSI demi meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan data citra sebagai penunjang penelitian, dan semoga dapat meningkatkan jumlah penelitian Bapak/Ibu dalam penelitian internal atau ekternal maupun hibah.

Materi disampaikan mulai dari pembahasan pengertian image proccessing, citra digital, dan bagaimana cara pengambilan sample data awal untuk pengolahan citra dalam contohnya yang diambil yaitu pengolahan pada klasifikasi jenis penyakit daun teh dengan menggunakan python yang dikutip dari penelitan yang sudah pernah dilakukan oleh Monikka Nur Winnarto, M.Kom. Serta membahas mengenai bagaimana cara menerapkan metode penelitian dan hasil penelitian yang pembicara gunakan dalam data sample penyakit pada daun teh, hasil uji coba klasifikasi, sampai pada penerapan pada aplikasi python. SCR