Pelatihan UMKM: Pembuatan Konten Menarik Untuk Iklan Produk Penjualan
Penggunaan media sosial saat ini semakin meningkat , persaingan didunia usaha serta dampak dari merebaknya pandemic covid-19 menyebabkan para pelaku usaha untuk terus melakukan kreativitas dan inovasi untuk dapat tetap bertahan dan meningkatkan usahanya. Media sosial dapat menjadi salah satu media yang dapat dijadikan sebagai pemasaran digital untuk mendukung UMKM terutama dalam hal promosi produk atau brand dengan jangkauan konsumen yang luas dan tepat sasaran. Selain itu juga pemanfaatan media sosial sebagai promosi atau iklan produk terhitung lebih hemat waktu dan biaya. Dengan memanfaatkan media sosial para pelaku UMKM dapat mempertahankan usahanya dan bahkan meningkatkan penjualan produk. Ada banyak jenis pemasaran digital yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam mengiklankan produknya seperti website, market place, berbagai media sosial seperti Instagram, tiktok dan facebook serta aplikasi-aplikasi lainya yang saat ini tengah berkembang.
Melihat banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan pemasaran digital maka tim pengabdian masyarakat dari Universitas Bina Sarana Informatika melakukan pelatihan kepada UMKM Pabuaran. Kegiatan pelatihan berfokus pada pembuatan konten iklan produk yang menarik untuk diunggah di berbagai situs atau aplikasi pemasaran digital. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu 27 Maret 2022 jam 09.00 sampai 12.00 WIB. Pelatihan dilaksanakan secara hybrid yaitu offline dan online, dimana terdapat panitia yang melakukan secara online dan offline via zoom meeting sedangkan semua peserta secara offline atau datang langsung ke lokasi pelatihan. Pelatihan yang dilaksanakan di Jl. Puri Bojong Lestari Blok H/4, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor ini diikuti oleh anggota UMKM Pabuaran. Dalam pelatihan ini panitia menggunakan tools canva sebagai media pembuatan konten iklan menarik. Peserta pelatihan pembuatan konten iklan ini sangat antusias terlihat pada saat sesi tanya jawab dimana banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Selain itu peserta pelatihan juga tidak sungkan melakukan sharing kepada para mentor.
Bapak Yoseph tajul Arifin, M. Kom selaku narasumber dalam kegiatan ini berharap dengan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini para pelaku UMKM Pabuaran dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualanya serta dapat secara maksimal memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai iklan produk.
Tautan Penting