Workshop Penilaian Proposal Hibah Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ristek Brin Tahun 2021

Workshop Penilaian Proposal Hibah Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ristek Brin Tahun 2021

April 21, 2021 Off By lppm@bsi

Workshop Penilaian Proposal Hibah Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ristek Brin Tahun 2021 diadakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika dalam rangka peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat, Rabu, 21 April 2021. Acara dimulai dengan sambutan dari Warek 1 Bidang Akademik Ibu Dias Puspitasari, M.Kom, menyampaikan bahwa acara ini dibuat untuk meningkat kualitas dari penelitian dan pengabdian masyarakat dosen Universitas Bina Sarana Informatika dalam Hibah Penelitian dan Pengabdian masyarakat Ristek BRIN Tahun 2021, serta dapat memotivasi dosen lain untuk dapat mengikuti ini di tahun mendatang.

Sambutan dari  Bpk. Taufik Baidawi selaku Ketua LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan juga sebagai moderator dalam acara kali ini. Acara ini diadakan untuk mereview proposal yang telah dikumpulkan agar dapat menjadi bahan evaluasi dalam penyusunan hibah kedepannya.

Dr.Ir. P. M. Winarmo, M.Kom menyampaikan beberapa Strategi Mengajukan Hibah Penelitian dan Pengabdian DRPM, diawali dari penjelasan outline, ketentuan, kategori dan skema, persiapan, persyaratan, serta wajib men-update profile data di simlitabnas. Luaran penelitian dari penelitian dasarbisa berupa artikel di jurnal internasional yang terindeks bereputasi accepted/published, buku hasil penelitian ber-ISBN, tiga artikel di prosiding dan tiga book chapter yang diterbitkan oleh penerbit bereoutasi dan ber-ISBN. Sedangkan Luaran penelitian Terapan di tahun pertama memiliiki Paten sederhana atau hak cipta, ditahun kedua dan ketiiga memiliki produk , dokumen pengujian. Penjelasan mengenai penulisan proposal, pengusulan sampai dengan penilaian proposal.

Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si  memaparkan materi mengenai Skema Penelitian DRPM, fokus riset pada prioritas riset nasional, substansi penelitian, kewenanganm penadanaan, RAPB penelitian . Selain itu juga menjelaskan mengenai hibah pengabdian masyarakat dimulai dari tahapan pengabdian masyarakat, program pengusulan dari proposal, skema , indikator kinerja, pengusulan PPM bersadarkan kelompok PT dan menjelaskan mengenai contoh evaluasi proposal pengabdian masyarakat. Membahasa jenis permasalahan yang sering didapatkan saat menajukan proposal pengabdian masyarakat.

Sesi tanya jawab mengundang banyak pertanyaan dari beberapa dosen yang menanyakan mengenai persayaratan ketua pengusul dan juga bookchapter yang bida dimasukan kedalam buku ajar agar masuk kedalam persayaratn dalam penelitian. Dinar Ajeng Kristiyanti menanyakan mengenai skema penelitian apakah anggotanya boleh berasal dari PT yang sama dan kombinasi dari jurnal internasional dan nasional dalam pengusulan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si  juga menawab mengenai mitra yang diperbolehkan dari lembaga tertentu yang mendukung riset. Nurvi Oktiani juga bertanya dan dijawab oleh Dr.Ir. P. M. Winarmo, M.Kom mengenai pengusul untuk penelitian dasar tidak ada persyaratan untuk atau KI, namun untuk penelitian terpaan bisa berupa publikasi artikel buku atau KI. Selanjutnya sesi bedah proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang dibahas oleh Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si  dan Dr.Ir. P. M. Winarmo, M.Kom.

Share informasi ini