Jelang Pelaksanaan ICAISD 2021 Mendatang-LPPM UBSI Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Integrasi Bibliometric

Jelang Pelaksanaan ICAISD 2021 Mendatang-LPPM UBSI Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Integrasi Bibliometric

December 19, 2020 Off By lppm@bsi

Publikasi ilmiah di tingkat nasional saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, portal rujukan digital (GARUDA) menunjukan lebih dari 1,2 juta artikel telah diterbitkan di berbagai media publikasi baik jurnal, konferensi atau media terbitan lain. Sejalan dengan hal tersebut penyelenggara publikasi ilmiah, juga mengalami perkembangan. Bermunculannya publisher baru ini tentunya meramaikan media publikasi yang ada di tingkat nasional maupun internasional.

Akan tetapi perkembangan tersebut juga berdampak pada pemeringkatan media publikasi. Berbagai kriteria penilaian diperhitungkan baik dari sisi penulisan maupun proses publikasinya hal ini bertujuan untuk memberikan skoring dan indexing hasil penelitian dan reputasi bagi setiap publisher yang menerbitkan karya ilmiah. Dari sini para peneliti mendapat tantangan dalam proses publikasi hasil penelitian ilmiahnya.

Dua dari sekian banyak elemen penentu dalam proses publikasi adalah format template yang digunakan oleh publisher dan tren yang dibahas pada sebuah naskah penelitian. Tidak sedikit naskah yang dikembalikan atau bahkan ditolak hanya karena penyusunan naskah yang tidak standar dengan yang dikeluarkan oleh publisher. Selain itu kurang updatenya tren penelitian yang diangkat juga berpengaruh kepada peluang diterimanya naskah.

Universitas Bina Sarana Informatika melalui LPPM beberapa waktu lalu telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Seminar Internasional yaitu  International Conference On Advanced Information Scientific Development (ICAISD 2020) yang ditargetkan untuk meningkatkan jumlah artikel yang terindex di scopus khususnya untuk dosen-dosen lingkup kampus UBSI. Kegiatan seminar seperti ini rencananya akan terus diselenggarakan pada setiap tahunnya.

Berdasarkan hal tersebut maka pada hari Kamis, 17 Desember 2020 LPPM menyelenggarakan kegiatan  workshop mengenai  Penulisan Publikasi Ilmiah Menggunakan Latex dan Integrasi Bibliometric secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan lebih mengenai teknik penuisan karya ilmiah menggunakan format latex serta persiapan khususnya bagi dosen UBSI untuk mengikuti dan terlibat dalam publikasi penelitian Internasional di ICAISD 2021 mendatang.

Ada dua hal yang dibahas pada workshop ini yaitu mengenai penggunaan template dengan Latex dan membantu dalam proses pemetaan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui tren apa yang sedang terjadi saat ini. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Taufik Baidawi, M.Kom sekaligus sebagai Ketua LPPM yang menyampaikan materi mengenai Integrasi Bibliometric Publish or Perish (PoP )-Mendeley Mendeley -VOSViewer Untuk Mendukung Penelitian dan narasumber kedua adalah Bapak Agus Junaidi, M.Kom yang memberikan pemaparan materi mengenai penggunaan, pengeditan template penulisan menggunakan Latex. Workshop kali ini dimoderatori oleh Ibu Tuti Alawiyah, ST, M.Kom dari kampus UBSI PSDKU Tasikmalaya.

Download Materi Seminar dan Sertifikat Kegiatan

Klik link diatas

Kedua materi diatas penting untuk disampaikan mengingat pengalaman yang telah dilalui pada kegiatan ICAISD 2020 sebelumnya dengan banyaknya proses revisi, serta beberapa naskah yang dikembalikan dan ditolak oleh pihak publisher. Maka dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dosen UBSI khususnya yang akan mengikuti ICAISD 2021 mendatang dapat mempersiapkan dengan lebih maksimal, sehingga proses publikasi naskah dapat lebih banyak diterima oleh publisher (IOP) yang berimbas pada peningkatan jumlah publikasi yang terindeks oleh scopus. YPA

Share informasi ini