Penulisan Artikel Ilmiah dan Penggunaan Manajemen Referensi Mendeley

Penulisan Artikel Ilmiah dan Penggunaan Manajemen Referensi Mendeley

December 10, 2020 Off By lppm@bsi

Kegiatan menulis karya ilmiah erat kaitannya dengan pencarian data referensi, semakin banyak daftar referensi yang digunakan dalam penulisan ilmiah semaik baik pula penelitian yang dihasilkan. Penggunaan daftar referensi pada kegiatan penulisan ilmiah akan mencatut nama penulis yang menjadi object referensi, beberapa penulisan kutipan yang dilakukan secara langsung (manual) akan menjadikan nama-nama penulis dalam daftar referensi tidak dapat dideteksi oleh mesin peng-index, salah satunya seperti google scholar. Hal ini dapat merugikan pihak penulis yang dijadikan sebagai objek referensi karena nama penulis pada karya ilmiah tidak dapat dihitung sebagai sitasi.

Terdapat banyak teknik/style pengutipan dalam penulisan ilmiah seperti APA style, IEEE style, MLA style, Turabian style dan lainnya yang telah disediakan secara langsung oleh aplikasi office seperti di MS.Office, Open Office atau aplikasi editor naskah lainnya. Tetapi beberapa kekurangannya disini adalah dari segi pengelolaan daftar referensinya. Sebagian besar penggunaan style yang dipakai langsung pada aplikasi office masih belum memenuhi standar mesin peng-index, dan ini menjadi masalah tersendiri bagi para peneliti dalam mengelola atau memanage data referensi.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika (LPPM UBSI) mengadakan kegiatan Workshop dengan tema Penulisan Artikel Ilmiah dan Penggunaan Manajemen Referensi Mendeley yang sukses diselenggarakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 Pukul 09.00 – 12.00 WIB. Workshop ini ditujukan secara khusus bagi para dosen UBSI yang sedang dalam tahap pengurusan Jabatan Fungsional Akademik (JFA) yang belum memiliki artikel ilmiah.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai sarana sharing pengetahuan mengenai teknik pembuatan penelitian/karya ilmiah dan pengelolaan daftar referensi bagi para penulis karya ilmiah. Narasumber dalam acara ini adalah Bapak Taufik Baidawi, M.Kom sebagai pemateri pertama sekaligus memberikan sambutan sebagai ketua LPPM UBSI. Beliau menyampaikan materi mengenai teknik penulisan ilmiah seperti penggunaan aplikasi PoP (Publish or Perish) yang dapat digunakan untuk memetakan penelitian sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut.

Bapak Agus Junaidi, M.Kom sebagai pemateri kedua menyampaikan materi mengenai software pengelolaan data referensi yang membantu para penulis dalam memanage data referensi juga memudahkan dalam pembuatan daftar referensi yang tentunya sudah sesuai dengan mesin peng-index.

Tentunya kesuksesan acara ini tidak lepas dari kerja sama para peserta kegiatan yang telah mengikuti acara ini dengan baik serta moderator acara yaitu ibu Riska Ariyanti, M.Kom yang telah maksimal dalam memandu dan mengarahkan acara ini sangat baik.

Akhirnya semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya dalam pengembangan materi penelitian serta manajerial data referensi dan ucapan terima kasih kami sampaikan bagi semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan workshop ini. (YPA)

Share informasi ini