Rapat Kerja Pembahasan Roadmap Penelitian Fakultas Komunikasi Dan Bahasa (FKB)

Rapat Kerja Pembahasan Roadmap Penelitian Fakultas Komunikasi Dan Bahasa (FKB)

October 8, 2020 Off By lppm@bsi

Kamis, 08 Oktober 2020 Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI menyelenggarakan diskusi road-map penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bahasa. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan arah dan wilayah penelitian dosen dan mahasiswa Fakultas komunikasi dan Bahasa secara spesifik dengan tetap mempertahankan kecirian berbasis IT.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa Dr. Baiatunnisa, M.Pd. Kegiatan tersebut dihadiri   oleh Kepala Biro Penjaminan Mutu Bapak Suparman, S.Sos, M..Si., Ketua LPPM Taufik Baidawi, M.Kom, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi (S1) Ibu Anisti, S.Sos, MSi, Ketua Prodi Sastra Inggris (S1) dan Ketua Prodi Bahasa Inggris (D3) Bapak Agus Priadi, M.Pd, Ketua Prodi Hubungan Masyarakat (D3) Ibu Ita Suryani, S.Sos, M.IKom, Ketua Prodi Periklanan (D3) Bapak Jusuf Fadilah, M.IKom, Ketua Prodi Penyiaran (D3) Bapak Azwar Munanjar, S.IKom, MM, dan staf LPPM bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan tersebut diawali dengan pengarahan dan pemaparan dari Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa kemudian dilanjutkan dengan pemaparan draft roadmap penelitian Fakultas FKB. Hal yang didiskusikan terkait kesesuaian tema penelitian dengan capaian profil lulusan dan arah penelitian dan PM Dosen serta mahasiswa dibawah FKB.

Hasil diskusi tersebut menyepakati wilayah kajian penelitian FKB dibatasi menjadi 2 wilayah besar. Pertama, yang terkait dengan komunikasi baik dalam bidang ilmu komunikasi, public relations, advertising, broadcasting. Kedua, yang terkait bidang Bahasa. Dari kedua wilayah tersebut dapat dirumuskan beberapa payung utama penelitian seperti; Teknologi Komunikasi, Media Kreatif dan Digital Communication Public Relations, Komunikasi Pemasaran, Languistic, Literature dan ESP.Hal tersebut memungkinkan untuk dikaji secara teoritis maupun praktis. Menurut Dekan “Penelitian FKB dapat mengelaborasi kajian-kajian tersebut dengan memasukkan unsur-unsur IT dan Ekonomi Kreatif, selain itu mempertimbangkan kebutuhan penelitian Dosen dan Mahasiswa baik dari masing-masing prodi maupun di level Fakultas”. Road map tersebut diharapkan dapat memperbaiki relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi yang ada di bawah FKB

Share informasi ini