Sosialisasi Hibah Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat September 2020

Sosialisasi Hibah Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat September 2020

September 4, 2020 Off By lppm@bsi

Penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan dua dari tiga elemen Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban dosen untuk berkontribusi dalam negeri dan menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan dan menghilangkan isolasi dunia akademik terhadap persoalan masyarakat.  Dalam memenuhi hal itu Universitas Bina Sarana Informatika selalu membekali dan memfasilitasi dosen-dosen UBSI dengan mengadakan berbagai acara yang menunjang penelitian dan pengabdian masyarakat, seperti acara yang digelar pada Jum’at 4 September 2020 dengan tema Sosialisasi Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 

Acara ini diadakan sebagai media pembelajaran dan pembekalan bagi dosen-dosen baru di Universitas Bina Sarana Informatika tentang tata cara pengajuan hibah penelitian dan hibah pengabdian masyarakat yang menjadi kegiatan pendukung tri darma dan kegiatan rutin para dosen di setiap semester sehingga dapat meningkatkan kualitas para dosen dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat, yang akan berimbas pada kenaikan peringkat kampus Universitas Bina Sarana Informatika

Acara ini dimulai pukul 13.00-15.00  melalui virtual zoom dan dihadiri oleh lebih kurang 200 peserta yang merupakan dosen-dosen baru di Universitas Bina Sarana Informatika. Acara diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik Ibu Diah Puspitasari, M. Kom yang dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian LPPM mulai dari terakreditasi nya 20 Jurnal UBSI dan meningkatnya kluster penelitian dan pengabdian masyarakat serta kabar yang sanggat membanggakan lainnya yakni UBSI masuk kedalam 50 Perguruan Tinggi Swasta terbaik di DKI Jakarta, dengan hal ini “saya berharap dosen-dosen baru di UBSI dapat lebih termotivasi dan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian maupun pengabdian masyarakat nya” pungkas beliau di akhir sambutannya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyapaian materi yang yang terdiri dari Bapak Taufik Baidawi, M. Kom selalu Ketua LPPM Universitas Bina Sarana Informatika yang menyampaikan terkait pencapaian yang telah dilakukan oleh LPPM, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Andi Saryoko, M. Kom yang merupakan Staff LPPM dalam bidang penelitian serta Reviewer Jurnal Informatika dan Abdimas yang menyampaikan materi tentang Hibah Penelitian yang meliputi peta skema penelitian (edisi xii revisi), pendanaan dan waktu penelitian, ketentuan umum, skema kompetitif nasional, skema desentralisasi, pengusulan melalui simlitabmas, proses pengusulan, perbaikan usulan dan usulan baru, pendanaan penelitian, sampai pada siklus pengelolaan penelitian di perguruan tinggi.

Dilanjutkan dengan pemateri ke tiga yakni Ibu Titik Misriati, M. Kom yang merupakan Staff LPPM bidang Pengabdian Masyarakat dan Chief Editor Jurnal Abdimas yang menyampaikan materi mengenai hibah pengabdian masyarakat bahwasanya “pengabdian kepada masyarakat di awali dengan mitra yang memiliki permasalahan, kemudian tim dosen memberikan solusi terhadap permasalahan mitra, hingga terjadi pemberdayaan masyarakat dan terbentuk kelompok masyarakat yang lebih produktif, sejahtera, aman, tentram dan sentosa” Ujar Ibu Titik dalam penyampaian materinya.  Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Agus Junaidi, M. Kom yang merupakan Staff LPPM bidang jurnal dan Chief  Editor Jurnal Informatika yang menyampaikan materi mengenai sosialisasi penggunaan mendeley sebagai referensi yang telah disepakati untuk digunakan oleh seluruh dosen UBSI dalam penyusunan laporan baik itu hibah penelitian maupun pengabdian masyarakat dan laporan lainnya yang mengandung referensi. 

Para peserta antusias mendengarkan pemaparan narasumber dan acara ini ditutup dengan tanya jawab peserta. Acara berjalan lancar dan semoga apa yang menjadi tujuan dari acara ini dapat terwujud. (SGU/ASY)

Share informasi ini