Workshop Penulisan Artikel Menggunakan LATEX Template ICAISD 2020

Workshop Penulisan Artikel Menggunakan LATEX Template ICAISD 2020

July 17, 2020 Off By lppm@bsi

Saat kita mendengar kata LaTeX, mungkin bayangan kita kebanyakan adalah suatu produk dari getah karet. Namun, LaTeX yang dimaksud di sini adalah piranti lunak pengolah kata (wordprocessor) yang umumnya digunakan kalangan peneliti, dosen, atau mahasiswa di bidang sains. Sebenarnya, penggunaan LaTeX saat  ini tidak hanya terbatas pada bidang sains, namun sudah jauh merambat ke bidang bisnis, sekretaris, media cetak, atau pun sastra. Bahkan LaTeX dapat juga dipakai untuk pengolah kata dalam bahasa Arab, Ibrani, Jepang, Cina dan lain-lain. Meski demikian, LaTeX akan terlihat jauh lebih menonjol dibandingkan pengolah kata lain jika digunakan untuk memproses dokumen atau buku yang memiliki banyak persamaan matematis. 

Tujuan dari kegiatan workshop menulis artikel dengan menggunakan latex template dapat meningkatkan kualitas pengembangan dosen dalam hal penelitian dan juga kekuatan riset tiap institusi, memperlihatkan kolaborasi penelitian, menganalisis trend penelitian, dalam hal penulisan artikel menggunakan Latex Template 

Melihat pentingnya untuk menulis artikel dengan menggunakan latex template  ini maka, pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2020, diadakan workshop Penulisan Artikel Menggunakan LATEX Template ICAISD 2020, untuk informasi ICAISD 2020 merupakan suatu International Conference yang berfokus pada kegiatan sharing ilmu pengetahuan dan penelitian khususnya dibidang Ilmu computer dan informasi dan menyediakan suatu platform untuk peneliti dan para praktisi baik didunia pendidikan dan didunia industry sehingga bertemu pada suatu kepentimgan dan tujuan yang sama – sama dapat membangun kedepannya 

Workshop Penulisan Artikel Menggunakan LATEX Template ini dimulai dari pukul 10.00 – 12.00 WIB, Adapun acara yang dipandu oleh moderator Ibu Haryani, M. Kom sebagai Chief Editor Jurnal Ecodomica (Sinta 3) dengan susunan acara sebagai beriku : 1) Pembukaan dan Konfirmasi kehadiran peserta dilanjutkan dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, 2) Pembukaan dan sambutan oleh Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Bapak Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, MM, M. Pd dimana dalam sambutan beliau menyatakan bahwa dengan diselenggarakannya Konferensi ICAISD (International Conference Advanced of Information System Development) 2020 diharapkan akan dihasilkan luaran Publikasi di IOP Publishing dan terindeks scopus, selain itu bagi artikel – artikel atau publikasi yang lolos harap dilakukan pendampingan untuk pengeditan Publikasi Ilmiah sesuai dengan template latex, dan targetnya untuk publikasi ilmiah sudah bisa terpublish di  sesuai format LATEX, dan cek plagiarism maksimal dibawah 20% dan merupakan persyaratan Final agar tulisan bisa terpublish di IOP dan terindex Scopus. Kemudian acara dilanjutkan dengan  sambutan dan penyampaian materi oleh Bapak Taufik Baidawi, M.Kom, dalam paparannya Ketua LPPM menyampaikan mengenai informasi dari ICAISD 2020 mengenai Website Conference, Flayer/Poster Conference, Publisher, rganizing Committee, selain itu pemberian informasi mengenai Kerjasama dengan IOP Publishing, serta informasi data penerimaan Paper ICAISD 2020 yang terdiri atas 208 jumlah Paper  yang Submit, 142 jumlah paper yang diterima, 63 Paper ditolak, 3 paper yang withdraw. Adapun dalam kesempatan ICAISD ini, banyak penulis – penulis yang terlibat dan ikut berpartisipasi baik berasal dari institusi  dalam negeri dan institusi  luar negeri diantaranya dari Institut Teknologi Bandung (ITB), institute Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), selain  partisispan dari institusi Luar Negeri diantaranya National Taiwan University of Science of Technology, Istanbul Gelisim University, Shahjalal University of Science & Technology (SUST), Daffodil International University, University Kebangsaan Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia,  Faculty of Science and Natural Resources, Universiti Malaysia Sabah, Okayama University, Okayama, Johannes Guttenberg -University of Mainz – German, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Agus Junaidi, M. Kom selaku Chief Editor Jurnal Informatika (Sinta 3), dimana dalam penyampaian materi ini beliau menyampaikan, cara penggunaan LATEX,  Trik dan Trip menggunakan Format LATEX, serta guideline dalam menggunakan LATEX IOP – Journal Conference Series Template .

Kedepannya diharapkan dengan melalui workshop Penulisan Artikel menggunakan LATEX template ini Para akademisi, peneliti baik dilingkungan Internal dan Eksternal Institusi akan terbiasa dalam penggunaan Latex Template dalam pembuatan publikasi atau luaran  penelitian sehingga meningkatnya jumlah dosen yang memiliki publikasi yang terindeks scopus ataupun pengindeks jurnal bereputasi lainnya sehingga meningkatknya kualitas dan mutu luaran Publikasi.

Share informasi ini