- Informasi, PM, Workshop dan Seminar, PM, Workshop dan Seminar

Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis OJS

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika   menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS) yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2019 di Kampus Universitas BSI Dewi Sartika B yang diikuti 13 peserta pengelola jurnal.

Jurnal ilmiah adalah ruh dari eksistensi sebuah perguruan tinggi. Indikasi kemajuan sebuah perguruan tinggi salah satunya diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah. Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu system pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Jurnal  Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi dengan baik dan rapi.

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal adalah proses penyuntingan artikel. Pada era teknologi saat ini, proses penyuntingan artikel dilakukan secara online sehingga jejak penyuntingan terekam secara lengkap. Selain itu, proses penyuntingan artikel, bahkan proses pengajuan akreditasi berkala ilmiah oleh dikti telah dilakukan secara online.

Workshop pengelola jurnal ini berlangsung dalam satu hari dengan narasumber Bapak Agus Junaidi, M.Kom dan Bapak Sopiyan Dalis, M.Kom. Materi pertama disampaikan oleh bapak Agus Junaidi, M.Kom memaparkan mengenai penyuntingan jurnal dan substansi jurnal ilmiah, materi kedua disampaikan oleh Bapak Sopiyan Dalis, M.Kom mengenai manajemen pengelolaan jurnal. Dalam paparannya narasumber mengatakan bahwa pentingnya penggunaan OJS terutama dalam proses instalasinya lebih mudah dibandingkan dengan pengelolaan sistem jurnal yang lain, dengan OJS dapat mensetting website jurnal, kualitas jurnal lebih baik dan menjadi ekonomis. Selain itu dengan menggunakan aplikasi OJS dapat meningkatkan kompetensi sebagai peneliti menuju jurnal akreditasi nasional dan internasional.

Peserta dalam kegiatan workshop ini cukup antusias dalam mengikuti materi demi materi yang disampaikan oleh narasumber. Semoga materi yang telah disampaikan dapat meningkatkan semangat dan semakin aktif dalam memajukan jurnal ilmiah di lingkup Universitas BSI.