- Informasi, PM, Workshop dan Seminar

Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Hibah Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Kedua Tahun 2019

Suksesnya acara Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2019 yang diadakan tanggal 14 Mei 2019 di aula Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Jatiwaringin, menginspirasi dan memotivasi LPPM untuk mengadakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2019 yang kedua karena masih banyak dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang belum ikut pada lokakarya pertama.Target LPPM dalam kegiatan ini adalah seluruh dosen Universitas Bina Sarana Informatika mendapatkan informasi dan pelatihan berupa kegiatan Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Mengingat pentingnya penelitian dan pengabdian masyarakat dalam mengembangkan kualitas dosen, maka, LPPM Universitas Bina Sarana Informatika menggelar acara lokakarya yang kedua bertema “Peningkatan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2019 Kedua” yang dikhususkan untuk dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Mengingat jumlah peserta yang banyak, acara dibagi menjadi dua sesi selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 23 dan 24 Mei 2019, bertempat di aula Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Jatiwaringin. Jumlah peserta pada sesi pertama 300 dosen dan pada sesi kedua juga berjumlah 300 dosen. Pada hari pertama narasumber dalam kegiatan lokakarya ini adalah Taufik Baidawi, M.Kom, dan  Nurvi Oktiani, S.E., M.M. dan hari kedua dilanjutkan oleh narasumber Titik Misriati, M.Kom, dan Andi Saryoko, M.Kom yang semuanya dari Tiem LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.. Melalui kegiatan lokakarya ini diharapkan seluruh dosen UBSI dapat berkolaborasi dengan sejawat atau perguruan tinggi lain dalam merancang, melaksanakan dan melakukan penelitian dan pengembangan masyarakat secara kolaboratif dan partisipatif.

Point penyampaian materi dalam kegiatan lokakarya ini masih sama seperti lokakarya yang pertama yaitu mengenai pembahasan Skema dan prosedur pengajuan hibah dan tehnik penyususnan proposal hibah dan diskusi serta bedah Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dosen-dosen Universitas Bina sarana informatika.

Acara dimulai dari pukul 08.00  dan break sebentar untuk sholat dan berakhir pukul 14.00. Kegiatan lokakarya dihadiri Ketua LPPM Universitas Bina sarana Informatika Bapak Taufik Baidawi, M.Kom. Setelah seluruh peserta selesai registrasi, jam 08.45 dimulailah acara Lokakarya yang di pandu oleh MC Sopiyan Dalis, M.Kom pada hari pertama dan pada hari kedua oleh Bryan Givan, S.E.,M.M. selanjutnya sambutan dari Ketua Pelaksana Bapak Taufik Baidawi, M.Kom sekaligus membuka acara kegiatan lokakarya proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat 2019. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih dihadiri 219 peserta.

Tujuan dari kegiatan lokakarya penelitian dan pengabdian masyarakat Hibah DIKTI 2019 supaya dapat meningkatkan kualitas pengembangan dosen dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat.. Lokakarya ini memberikan manfaat kepada dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika yaitu memberikan pelatihan penyusunan proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Panduan Edisi XII dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2019.

Keberhasilan dari pelaksanaan lokakarya penelitian dan pengabdian masyarakat DIKTI 2019 antara lain meningkatnya jumlah dosen yang mengirimkan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat dan meningkatnya jumlah dosen yang mendapat hibah penelitian dan pengabdian masyarakat tingkat DIKTI. Acara diakhiri dengan foto bersama dengan LPPM sebagai penyelenggara dan dosen-dosen UBSI sebagai peserta lokakarya. (KKJ)