- Informasi

Workshop Pengelolaan Jurnal Terbita Berkala dan MoU PPPM BSI dengan Relawan Jurnal Indonesia

Senin, 26 Februari 2018 tim pengelola jurnal dari PPPM BSI mengadakan kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal terbitan berkala dengan mendatangkan narasumber dari tim Relawan Jurnal Indonesia (RJI) sekaligus penandatanganan MoU antara Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bina Sarana Informatika (PPPM BSI) dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Kegiatan ini berlangsung di Wisma BSI Kaliabang Bekasi dengan peserta workshop dari seluruh tim Ejournal BSI Group Wilayah 1 dan 2.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk sharing ilmu pengetahuan seputar pengelolaan jurnal berbasis OJS yang sesuai dengan standar nasional, persiapan menuju jurnal terakreditasi, perbaikan sistem penerimaan, review dan publikasi jurnal berbasis OJS, cara mendaftarkan ejournal agar mendapatkan DOI dan lain-lain. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen dari tim Relawan Jurnal Indonesia Koordinator Wilayah Jakarta untuk terus mensupport pengelola-pengelola jurnal khususnya di wilayah jakarta.

Selain sebagai sarana sharing ilmu dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU dari tim PPPM BSI dengan tim RJI yang merupakan suatu rangkaian kerja dan pendampingan dalam pengelolaan jurnal. Tim dari RJI yang semula kami undang adalah ketua tim dari RJI yaitu bapak Dwi Fajar Saputra, yang pada kesempatan tersebut berhalangan hadir memenuhi undangan, dikarenakan ada kegiatan yang sama di tempat lain akhirnya diwakili oleh Bapak Itsar Bolo Rangka yang memberikan mentoring kepada tim jurnal PPPM BSI dan sekaligus menandatangani MoU.

Benefit dari kegiatan ini adalah ilmu yang didapatkan seputar pengelolaan jurnal semakin bertambah, dan semakin bertambah pula semangat dalam mewujudkan jurnal-jurnal BSI yang terakreditasi nasional. Harapan kami dari para pengelola jurnal BSI kedepannya adalah kegiatan pendampingan yang sangat bermanfaat ini alangkah baiknya di adakan kembali agar target jurnal-jurnal bsi terakreditasi nasional dapat terwujud. YPA