Pelatihan Pemanfaatan Medsos Sebagai Media Pembelajaran

Jakarta, 19 Desember 2020. Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta kembali melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat. Pengabdian Masyarakat kali ini masih dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom, mengingat penyebaran pandemi Covid-19 yang makin meningkat. Pengabdian masyarakat kali ini bertajuk “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran” dan ditujukan bagi anak didik di Yayasan Al Mabrur, Babelan, Bekasi.. Walaupun dilakukan secara online, namun tidak mengurangi antusiasme peserta dalam menyerap materi yang diberikan.

Acara yang berlangsung di hari sabtu, 19 desember 2020, dari pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Kampus UBSI Kaliabang Dicky Haryanto, M.Kom sebagai Perwakilan, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ustadz Fathul sebagai perwakilan dari Yayasan Al Mabrur, Babelan. Tak ketinggalan Dr. Fifit Fitransyah, M.Pd selaku Ketua pelaksana juga memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Berbagai manfaat dari penggunaan media sosial, terutama untuk pengajaran dipaparkan oleh tutor Ita suryani M.I.Kom didampingi 3 tim tutor Asriyani Sagiyanto, M.I.Kom, Liliyana, M.I.Kom, Siti Qona’ah S.Sos, MM dan 2 Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Penggunaan media sosial bisa semakin memudahkan dalam proses pembelajaran. Lewat sosial media, para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaran pun bisa semakin meningkat baik dan segi pengetahuan maupun kualitas. Bentuk pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran diantaranya adalah tugas, materi belajar, diskusi, kuis, info, tutorial pembelajaran, dan hiburan. 

Menurut ketua pelaksana pengabdian masyarakat FKB UBSI Jakarta ketinggalan Dr. Fifit Fitransyah, M.Pd menyatakan  “Kegiatan rutin di setiap semester ini merupakan salah satu sumbangsih kami dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Sekalipun di tengah pandemi, kegiatan ini tetap akan kami jalankan sesuai porsinya demi terwujudnya tujuan yang mulia yaitu masyarakat yang berwawasan. Dan kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan social media mereka dengan bijak, agar dapat merasakan dampak positif dari social media itu sendiri”.

Selain itu, Ustadz Fathul sebagai perwakilan Yayasan Al Mabrur, menanggapi  “Kegiatan seperti ini sangat bernilai bagi kami, kami berharap dengan pelatihan ini, anak didik kami bisa lebih baik lagi dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana mereka belajar dan berdakwah. Kami berharap agar pelatihan ini sering dilakukan, karena memang memberikan manfaat luar biasa bagi kami.”

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan secara daring tersebut berakhir pada pukul 12:00 WIB, kemudian diakhiri dengan foto bersama secara virtual dan pemberian cinderamata secara simbolis yang diwakilkan oleh panitia dari FKB UBSI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *