Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Di Tempat Kerja Dan Ruang Publik

Minggu, 25 Oktober 2020,  Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PM) yang bermitra dengan PT Isra Presisi Indonesia. Tema dan judul yang diangkat pada kegiatan ini adalah Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Di Tempat Kerja dan Ruang Publik. Kegiatan PM dikemas dalam format webinar melalui media Zoom Cloud Meetings selama satu hari. Format webinar dipilih untuk menghindari terjadinya kerumunan masa yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid19. 

Webinar dibagi dalam  dua sesi. Materi sesi pertama tentang “Penerapan Protokol Covid-19 di Tempat Kerja” dengan tutor Asriani Natong, S.E., M.A. Sementara itu, Sesi kedua membahas “Penerapan Protokol Covid-19 di Ruang Publik” dengan pemateri Irwan Raharja, S.E., M.M. Webinar ini dimoderatori oleh Lukmanul  Hakim, S.I.P., M.M. yang juga sebagai Ketua Pelaksana PM. Tema tersebut didorong atas kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di daerah Bekasi dan Karawang dimana perusahaan dan kampus berlokasi, sejak Maret 2020 hingga Akhir Agustus 2020 belum mereda. Oleh karena itu kegiatan PM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran karyawan perusahaan mitra dan masyarakat sekitar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid19. 

Acara PM mendapat respon yang positif. Hampir sekitar 60 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan perusahaan mitra dan masyarakat disekitar perusahaan, antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Panitia yang terlibat terdiri dari tiga orang dosen dan lima mahasiswa. Dua dosen berperan sebagai tutor dan satu lainnya sebagai moderator. Adapun mahasiswa berperan membantu mengorganisasikan kegiatan dari mulai perencanaan hingga pelaporan. Acara berlangsung sukses sesuai dengan rencana.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI dan Gugus Tugas Covid19 yang tengah gencar mensosialisasikan protokol kesehatan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, baik itu di tempat kerja maupun di ruang publik. Diharapkan setelah berlangsungnya acara ini, manfaat yang diperoleh adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta akan bahaya Covid19 dan memiliki kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat mereka beraktivitas di luar rumah dan ruang publik untuk mencegah penularan Covid19. (LUH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *