Penggunaan Virtual Meeting Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Bagi Remaja Masjid Ar-Royyan

Pembelajaran Online Tidak Menjadi Kendala Untuk Tidak Belajar

Wabah Covid-19 memberikan dampak yang sangat beragam dalam semua sendi kehidupan, salah satunya pada kegiatan belajar mengajar untuk semua tingkatan pendidikan. Dengan diberlakukannya pembatasan interaksi sosial maka pembelajaran yang semula dilakukan di kelas menjadi pembelajaran di rumah saja. Namun proses belajar mengajar tetap harus berjalan, guru dan siswa diminta untuk mengikuti protokol kesehatan dengan tidak melakukan tatap muka secara langsung. Berbagai cara sudah dilakukan oleh pihak sekolah dan pemerintah setempat agar pembelajaran tetap berjalan seperti biasanya. Oleh karena itu penggunaan virtual meeting sangatlah diperlukan sebagai sarana penyampaian materi oleh guru kepada muridnya. Siswa harus tetap semangat belajar walaupun di tengah keterbatasan akan banyak hal seperti perangkat dan akses internet yang menjadi kendala utama serta pemahaman tentang aplikasi yang digunakan. Banyak siswa dan orang tua yang belum sepenuhnya memahami akan penggunaan aplikasi virtual meeting terlebih ketika diminta untuk memberikan saran atau bertanya.  

Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tatap muka menggunakan aplikasi Zoom antara Tutor yaitu Entin, Encep dan Elvi dan Peserta dari Remaja Masjid Ar-Royyan yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah. Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2020 dan beralamat di Jl. Kramat IV No.86, RT.8/RW.10, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet yang lebih efektif. Peserta nantinya tidak hanya menjadi audience pada setiap virtual meeting tetapi juga dapat menjadi presenter/host yang dapat menyajikan presentasi yang menarik (Tutur Martini, M.Kom selaku ketua pelaksana Pengabdian masyarakat). 

Pelaksanaan kegiatan dimulai dari pembukaan, pemaparan teori hingga tanya jawab mengenai penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dalam pembelajaran secara online dikarenakan aplikasi ini memiliki fitur yang mudah dalam penggunaannya Dalam kegiatan ini terlihat peserta sangat antusias mengikuti jalannya paparan dari tutor dengan banyaknya pertanyaan pada sesi tanya jawab, sehingga diharapkan Peserta akan lebih semangat lagi melakukan pembelajaran secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *