Pembelajaran Pembuatan Video Presentasi Pada Remaja Masjid Ar-royyan Jakarta

Pembelajaran Online pada dasarnya melakukan transfer knowledge dengan memindahkan dunia nyata ke dunia maya. Tak hanya diperuntukkan bagi profesi pendidik saja, dakwah pada dasarnya juga melakukan transfer  knowledge. Untuk itu Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan Pelatihan  Pembuatan  Materi Pembelajaran Online Yang Menarik Dengan memanfaatkan pembuatan video presentasi  bagi remaja Masjid Ar–Royyan Jl. Kramat IV No.86, RT.8/RW.10, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (13810) sebagai bentuk nyata Pengabdian kepada Masyarakat, salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom sehingga tetap patuh pada aturan physical distancing, dalam usaha bersama melawan covid-19.

Bak gayung bersambut, pengelola, jama’ah dan para remaja Masjid Ar-Royyan dengan senang hati mengikuti pelatihan ini pada hari Minggu, 25 Oktober 2020 jam 13.00 s.d 17.00. Bapak Kepala Program Studi SIA, Adi Supriyatna,M.Kom dan juga sebagai Ketua berkenan membuka acara dan mengawalinya dengan membaca Basmalah. Beberapa dosen ikut serta terlibat pada kegiatan ini yaitu, Sri Harjunawati,S.E,M.M, sebagai host, Nani Agustina,M.Kom, sebagai pembicara dan Novita Indriani,M.Kom, dan Rani Suryani, S.E, M.M. sebagai anggota tim tutor.

Suatu hal yang menarik disini, pada kenyataannya peserta pelatihan sangat tertarik pada materi pelatihan untuk misinya melakukan dakwah ukhuwah islamiah, terlebih dimasa pandemi ini dimana tak diizinkan melakukan kegiatan yang membuat kerumunan masa. Mereka mengikuti pelatihan dengan antusias yang begitu besar. Terlebih saat Bu Nani Agustina,M.Kom sebagai pembicara langsung mempraktekkan pembuatan video pembelajaran dengan animasi secara langsung melalui share screen Zoom dari laptopnya. Para peserta meminta pembicara untuk share materi untuk mempelajari lebih dalam lagi.  Pasca pelatihan, diharapkan peserta pelatihan mampu mengembangkan dan mengemas materi pembelajaran online dengan lebih menarik sesuai dengan misi mereka, mengajak melakukan kebaikan demi melaksanakan amanah Allah kepada setiap manusia untuk menjadi khalifah di bumi mana dia berpijak.

Kalau pada saat acara dibuka diawali dengan Basmalah maka kegiatan pelatihanpun ditutup dengan alhamdulillah….  Allah telah melancarkan kegiatan dengan berkahNya. Semoga pengabdian kecil ini akan membuahkan hasil yang besar.  Sajian materi yang menarik dan mengajak kebaikan  akan mampu mengetuk hati yang menikmati, bahkan pesan moral dan religi bukan tak mungkin akan mampu menyatukan hati untuk menata ibu pertiwi. Jangan sampai bangsa kita terbelah apalagi terpecah menjadi serpihan yang tak berarti. Amiin…Ya Robbal ‘Alamin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *