Pelatihan Microsoft Excel di Yayasan Rumah Harapan Kosambi

Bagi civitas akademi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), masa pandemi Covid-19 bukan halangan untuk tetap melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Bahkan sebaliknya, adanya pandemi ini justru memotivasi untuk semakin berperan aktif, kreatif,  dan inovatif dalam  mengaktualisasikan ilmu yang mereka miliki agar dapat diterapkan secara nyata dalam kehidupan masyarakat.  Atas dasar tersebut, pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, para dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika  Kampus Karawang hadir secara virtual di tengah-tengah anak-anak yatim piatu di Yayasan Rumah Harapan, Kosambi, Karawang.

Melalui zoom, mereka, para dosen dan mahasiswa, berbagi ilmu secara gratis, yakni Pelatihan Microsoft Office.  Pelatihan ini bertujuan agar para yatim piatu yang dibina di lingkungan Yayasan Rumah Harapan memiliki keterampilan dan menguasai Microsoft Office, khususnya Microsoft Excel, untuk meningkatkan kemampuan mengolah data dan laporan keuangan. Diharapkan keterampilan ini menjadi bekal kehidupan yang dapat digunakan dan dipraktekkan para peserta dalam kehidupan sehari-hari. Pemateri di sampaikan oleh Sri Suharti, S.pd, M.Hum , dan Ira Sri Kusuma.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai dengan 12.00  tersebut diikuti oleh dua puluh lima peserta yatim piatu yang tampak semangat, hikmat, dan serius. Dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, para peserta bergabung di sebuah ruangan menyimak penjelasan materi yang disampaikan para dosen melalui zoom yang ditampilkan di layar. Suasana pelatihan kondusif dan efektif, tetapi akrab, hangat, dan menyenangkan. 

Selain memberikan pelatihan, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Karawang juga memberikan santunan yang secara simbolis diserahkan diserahkan kepada salah satu perwakilan Rumah Harapan. Wina Yusnaeni, M.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan dalam press release yang dikirimkan ke meja redaksi kepada BSI News mengatakan bahwa pelatihan dan santunan ini merupakan bentuk kepedulian dan empati UBSI terhadap masyarakat. 

“Kegiatan ini selain memang sudah merupakan kewajiban kita sebagai sesama manusia, juga merupakan tanggung jawab kami sebagai dosen dan mahasiswa dalam mengejawantahkan salah satu peran dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat,” kata Wina Yusnaeni. 

Sambutan dan ucapan terima kasih juga disampaikan oleh pimpinan, para guru, pengasuh dan anak-anak binaan Rumah Harapan atas  pengabdian dan kepedulian para dosen dan mahasiswa  UBSI terhadap mereka yang dibuktikan melalui kegiatan sosial tersebut. Selain itu, mereka juga berdoa agar seluruh keluarga besar Universitas Bina Sarana Informatika selalu diberikan kesehatan, kekuatan, keberkahan, serta tetap istiqomah dalam menjalankan peran mencerdaskan bangsa dengan senantiasa peduli terhadap masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *