Pelatihan Penggunaan Ms Excel Untuk Pengelolaan Keuangan

Sabtu, 17 Oktober 2020,   Universitas BSI, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan Pengabdian Masyarakat  di Yayasan Rumah Harapan Kosambi Jl. Raya Kosambi Telagasari, Cibalongsari, Klari—Karawang,  dengan tema “Pelatihan Penggunaan Ms. Excel untuk Pengelolaan Keuangan Yayasan Rumah Harapan Kosambi sebagai Konsep Sederhana dalam Mengatasi Kondisi Ekonomi pada Masa Pandemi”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Akuntansi Bisnis, yaitu Fauzan Akbar Albastiah, S.E., M.Ak., Rd Bily Parancika, M.Pd., Fauzi Isnaen, S.E., M.Ak., Warsono, S.E., M.M. serta beberapa orang mahasiswa. Pesertanya berjumlah 14 orang, berasal dari remaja yang berada di lingkungan Yayasan Rumah Harapan Kosambi.

Sehubungan  dengan upaya pencegahan pandemi covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet dengan menggunakan zoom meeting  dengan Id 914 6550 0629 dan Password 050943. Materi disampaikan oleh Bapak Warsono, S.E., M.M. Dimulai dengan memperkenalkan tata cara menjaga kebersihan  dengan mencuci tangan menggunakan sabun, untuk mencegah pandemi covid-19. Dilanjutkan dengan menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi pada masa pandemic covid-19, terutama mengenai sistem keuangan yang menjadi tidak stabil. Sehingga mempengaruhi rekap pengeluaran dan pemasukan anggaran Yayasan. Pemaparan dimulai dari menjelaskan masalah covid-19, pengertian pelaporan dan step sederhana, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, serta anggaran sederhana. 

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 09.30 – 11.00, ketertarikan remaja pada materi ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mencatat hal-hal yang belum tertera di modul.  Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, MC  memberikan pertanyaan dan semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, kami memberikan cinderamata bagi anak-anak tersebut berupa paket data.

Di Akhir  pelatihan. Ketua Yayasan Rumah Harapan Kosambi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta remaja yang berada di lingkungan Yayasan Rumah Harapan Kosambi.  Materi yang telah disampaikan  bisa membantu para remaja dalam memeriksa sistem keuangan pengeluaran dan penerimaan dengan lebih tertata. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dengan tetap bisa beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *