Pemanfaatan Mail Merge Untuk Efisiensi Pembuatan Surat Kegiatan Di Yayasan Assyukuriyah

Universitas Bina Sarana Informatika khususnya Fakultas Teknik & Informatika dengan Program Studi Sistem Informasi, selalu memberikan dukungan dan kepercayaan kepada civitas akademika untuk dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu melakukan Pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membentuk kepribadian civitas akademika yang memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama dan mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat luas tanpa mengharap imbalan dalam bentuk apapun. 

Salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan kesejahteraan dan memajukan bangsa Indonesia. Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Sukabumi, pada tanggal 17-18 Oktober 2020 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan Pemanfaatan Mail Merge Untuk Efisiensi Pembuatan Surat Kegiatan. Pada periode semester ganjil ini, mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat berasal dari guru serta Yayasan Assyukuriyah Kota Sukabumi. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat kali ini berupa pelatihan peningkatan keterampilan dalam pengolahan data dalam pembuatan surat kegiatan.

Materi tentang pengolahan data Microsoft Word disampaikan oleh dosen UBSI Sukabumi  mengenai “Pemanfaatan Mail Merge Untuk Efisiensi Pembuatan Surat Kegiatan”. Tim tutor dosen dari Fakultas Teknik & Informatika UBSI Kampus Sukabumi yang terdiri dari; Lis Saumi Ramdhani, M.Kom, Taufik Hidayatulloh, M.Kom, Suhardjono, M.Kom, Rusda Wajhillah, M. Kom, serta mahasiswa dari program studi Sistem Informasi. Dengan adanya pelatihan dalam pengolahan data ini berfungsi untuk membantu meningkatkan efisiensi pembuatan surat menyurat. Dalam menjalankan setiap tugasnya guru dan pihak yayasan harus membuat surat-surat kegiatan yang akan dilakukan. Dalam kesehariannya masih terkendala dan dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu diperlukan peningkatan kemampuan dasar dalam pengelolaan surat menyurat ini dengan pemanfaatan fasilitas mail merge yang ada di microsoft office word.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, para peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Menurut peserta, manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan wawasan terutama dalam pengolahan data menggunakan Microsoft Word, khususnya kemudahan dalam pembuatan surat menyurat. Selain itu, pelatihan ini memberikan dampak positif bagi peserta sehingga memudahkan dalam pengolahan data. Guru serta pihak yayasan mengharapkan pelatihan seperti ini dapat berlanjut agar guru dan pihak yayasan dapat terus mengasah kemampuan meraka dalam pengolahan data Microsoft Office. Kegiatan ini terselenggara setiap semester sebagai salah satu kewajiban para dosen di Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Sukabumi. Semoga kegiatan ini akan lebih banyak membawa manfaat bagi civitas akademik Universitas Bina Sarana Informatika dan khususnya bagi masyarakat luas.(tho)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *