Pengenalan Etika dan Hukum Bisnis untuk Remaja Yayasan Rumah Harapan Kosambi

Pada tanggal 17 Oktober 2020, Civitas Akademik Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Administrasi Bisnis mengadakan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan Yayasan Rumah Harapan Kosambi. Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat kali ini adalah Bapak Dede Mustomi dengan Tutor Bapak Asep Dony Suhendra dan anggota terdiri dari Bapak Khoirul Ulum, Ibu Maria, dan ada tiga mahasiswa yang terlibat, Nadya Widyawati, Fahira Difa, Fanny Yulianti.

Tema yang diambil dalam Pengabdian Masyarakat kali ini adalah Pengenalan Etika dan Hukum Bisnis bagi Remaja Yayasan Rumah Harapan Kosambi. Indonesia sebagai Negara berkembang sesungguhnya telah merambat naik dimana anak-anak muda sekarang telah berani memulai berwirausaha. Permasalahan yang dihadapi oleh remaja-remaja yang ingin memulai usaha, termasuk remaja dari yayasan rumah harapan kosambi adalah mereka sekedar berpikir bahwa yang namanya usaha adalah modal dan lokasi. Sedikit dari mereka yang memahami bahwa dalam berbisnis juga ditekankan etika, bahkan ada hukumnya seperti perijinan dan tidak boleh memperdagangkan barang-barang yang dilarang oleh undang-undang seperti narkoba dan minuman keras. Berangkat dari situ, kami dosen dan mahasiswa dari prodi administrasi bisnis, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas bina sarana informatika mengadakan pengenalan etika dan hukum bisnis buat remaja penghuni yayasan rumah harapan kosambi. 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ibu Maria  yang bertugas sebagai pembawa acara, kemudian kata sambutan yang diwakili oleh ketua pelaksana Bapak Dede Mustomi dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tutor Bapak Asep Dony.

Tujuan pengabdian masyarakat kali ini adalah agar mereka punya panduan dan pegangan dalam berbisnis. Tidak menghalalkan segala cara hanya untuk meraih keuntungan.

Acara ditutup dengan pemberian kenang kenangan yang diberikan langsung oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Bapak Dede Mustomi dan diterima langsung oleh perwakilan dari pihak  yayasan rumah harapan kosambi.

Dikarenakan adanya kebijakan PSBB dan himbauan untuk Physical Distancing maka penyampaian materi dalam pengabdian masyarakat kali ini dengan menggunakan zoom aplikasi.

Semoga pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk ilmu pengetahuan khususnya bagi remaja yayasan rumah harapan kosambi yang bercita-cita menjadi pebisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *