Pelatihan 1001 Trik Belajar Mudah Microsoft Excel

Pada hari sabtu tanggal 17 Oktober 2020, Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknik dan Informatika Kampus Kabupaten Karawang mengadakan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Yayasan Harapan Kosambi Jalan Raya Telagasari-Kosambi, Desa Belendung, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41371. Pengabdian Masyarakat ini mengambil tema “1001 Trik Belajar Mudah Microsoft Excel”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Sistem Informasi, yaitu Surtika Ayumida, M.Kom, Alif Riqzi Mulyawan, M.Kom, Aryo Tunjung Kusumo, M.Kom, Mike Amelia, M.Pd, Slamet Maryoso, S.Pd., MM, Zulia Imami Alfianti, M.Kom serta beberapa mahasiswa UBSI. Sementara peserta pelatihan berasal dari seluruh anak asuh Yayasan Rumah Harapan Kosambi Karawang.

Sehubungan  dengan upaya pencegahan pandemic covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet dengan menggunakan zoom meeting  dengan ID 91465500629 dan Password 050943. Materi pelatihan ini disampaikan oleh Surtika Ayumida, M.Kom dan Alif Riqzi Mulyawan M.Kom. Pemaparan dimulai dengan memperkenalkan tata cara menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta penerapan protokol kesehatan guna mencegah pandemi covid-19. Dilanjutkan dengan memperkenalkan berbagai aplikasi Microsoft Office sebagai pembelajaran yang murah dan mudah pengaplikasiannya seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Praktek pelatihan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, karena aplikasi ini lebih banyak digunakan dalam proses perhitungan dan pengolahan data berupa angka angka yang penerapannya banyak digunakan di sekolah maupun perkantoran yang ada di Karawang. Pelatihan Microsoft Excel dapat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisis dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya. Mulai dari bentuk bar, grafik, pic, linc dan lain-lain. 

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 08.00 – 12.00, antusiasme peserta pelatihan pada materi ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  ketertarikan dan perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mencatat hal-hal yang belum tertera di modul.  Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, MC  memberikan pertanyaan dan semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, penyelenggara memberikan hadiah berupa cendera mata bagi mereka.

Pada Akhir pelaksanaan pelatihan, Ketua Yayasan Rumah Harapan Kosambi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta seluruh anak asuh Yayasan Rumah Harapan Kosambi. Dengan Harapan materi yang telah disampaikan  bisa membantu anak-anak dalam proses belajar pembelajaran pada masa pandemi seperti sekarang ini. Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat dengan tetap bisa beraktivitas sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *