Management Keuangan dengan Microsoft Excel di Masa Pandemic Covid 19

Sabtu, 10 Oktober 2020,   Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Teknik Informatika mengadakan Pengabdian Masyarakat  di Harapan harapan Patayuda Karawang, dengan tema “ Management Keuangan dengan Microsoft  Excel di Masa Pandemic Covid 19 ”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Teknik Informatika Kampus Karawang, yaitu Anus Wuryanto, Yahya Mara Ardhi, Wasino, Tri Haryati, Dinda Mahmudatussolihah , Maulida Shabilla ,beberapa orang mahasiswa. Pesertanya terdiri dari anak Yatim piatu dari Yayasan Rumah Harapan Karawang, kegiatan yang berlangsung secara online dari jam 09.00 – 11.30 diikuti siswa/i asuh Yayasan Rumah Harapan Karawang  dan berapa mahasiswa universitas bina sarana informatika kampus karawang.

Tujuan pengabdian masyarakat pada Rumah harapan dengan “Manajemen keuangan menggunakan  Microsoft Excel  adalah menggambarkan kepada para remaja khususnya bahwa mengolah dan manajemen uang bukan sekedar hanya  secara administrasinya dan bukan sekedar strategi cara mengatur pemasukan dan pengeluaran uang akan tetapi juga ada nilai nilai luhur yang harus tetap dipegang dari mana uang yang diperoleh halal atau haram dari segi agama dan dan dari hukum negara Indonesia

Sehubungan  dengan upaya pencegahan pandemic covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet dengan menggunakan zoom dengan alamat https://zoom.us/j/98016641289?pwd=ajd4T3kxdXcwOEdlNk9tbHFmZlJ5UT09. Materi disampaikan oleh Yahya Mara Arhi dan Anus Wuryanto. Dimulai dengan memperkenalkan tata cara menjaga kebersihan  dengan mencuci tangan menggunakan sabun, untuk mencegah pandemic covid-19. Dilanjutkan dengan memperkenalkan tools pada  Aplikasi Microsoft Excel 2016 perhitungan Aritmatika membuat grafik memudahkan dalam memonitoring keuangan. 

Kegiatan pengabdian berlangsung  tutor menyampaikan modul sumber keuangan yang diperoleh dibandingkan  pengeluaran keuangan, sehingga  peserta pada Remaja rumah harapan mengerti dan dapat manajemen keuangan dengan baik apakah terjadi balance, modul disampaikan secara detail dibarengi dengan latihan sehingga anak – anak rumah harapan mengerti mau mempraktekan  sehari  hari,

Di Akhir  pelatihan. Ketua Yayasan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta anak-anak dan Remaja rumah harapan karawang.  Materi yang telah disampaikan  bisa membantu anak-anak dalam mengelola keruangan pada masa covid-19 ini,. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dengan tetap bisa beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *