Pemanfaatan Google Classroom Media Pembelajaran Online dimasa Pandemi Covid – 19

Sabtu, 10 Oktober 2020,   Universitas BSI, Fakultas Teknologi Informasi mengadakan Pengabdian Masyarakat  melalui zoom meeting,  dengan tema “Pemanfaat Google Class Room sebagai Media Pembelajaran Online dimasa Pandemi Covid – 19”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Teknologi Informasi, yaitu Ketua Bpk Muhammad Muharrom, M.Kom, Tutor Bpk Kadinar Novel, M.Kom dan Assisten Tutor Ibu Yuli Komalasari, M.Kom dan Bpk Achmad Sumbaryadi, M.Kom serta beberapa orang mahasiswa. Pesertanya berasal dari Ibu-ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara.

Sehubungan  dengan upaya pencegahan pandemic covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet menggunakan zoom meeting  dengan Id 862 517 5568 dan Pasword 868150. Materi disampaikan oleh Bpk. Mohammad Badrul, M.Kom. Dimulai dengan memperkenalkan tata cara menjaga kebersihan  dengan mencuci tangan menggunakan sabun, untuk mencegah pandemic covid-19. Dilanjutkan dengan memperkenalkan berbagai aplikasi pembelajaran yang murah dan mudah pengaplikasiannya seperti Google Classroom, Edmodo, School, Zoom, Youtube dan lain-lain

Praktek pelatihan menggunakan aplikasi google classroom, karena aplikasi ini lebih banyak digunakan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kebon Bawang Tanjung Priok. Pemaparan mulai dari membuat account google, mendaftar di google classroom, membuat kelas, dan bergabung di klas. Membuat materi pelajaran, membuat tugas, mengupload  tugas, dan melihat nilai para peserta.

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 09.30 – 11.30. Ketertarikan Ibu-ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang pada materi ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mencatat hal-hal yang belum tertera dimodul.  Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, MC  memberikan pertanyaan dan semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, kami memberikan cendera mata bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan  tersebut berupa paket data.Diakhir  pelatihan. Ketua PKK Kelurahan Kebon Bawang (Ibu. Santi Rahmaniawati) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta Ibu-Ibu PKK dari kelurahan Kebon Bawang.  Materi yang telah disampaikan  bisa membantu dalam mengikuti pembelajaran pada masa covid-19 ini. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dengan tetap bisa beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *