Pelatihan Google Classroom Sebagai Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Sabtu, 10 Oktober 2020, Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika bersama PKK kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priuk Jakarta Utara mengadakan Pengabdian Masyarakat  di Aula Kelurahan Kebon Bawang,  dengan tema “Pelatihan Google Classroom Sebagai Sarana Pendidikan Jarak Jauh Bagi Organisasi PKK Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Teknik Industri, yaitu Miwan K. Hidayat, Girman Sihombing, Diah Andianingsari serta beberapa orang mahasiswa. Peserta pelatihan mencapai 30 orang berasal dari pengurus dan anggota PKK kelurahan Kebon Bawang.

Dalam upaya pencegahan pandemic covid-19, pelaksanaan pengabdian masyarakat pada saat ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui media internet menggunakan ZOOM Cloud Meetings dengan Meeting ID: 862 517 5568 dan Passcode: 868150. Materi disampaikan oleh Girman Sihombing, dimulai memperkenalkan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang sering digunakan.

Paktek pelatihan menggunakan aplikasi Google Classroom, karena aplikasi ini relatif mudah dan sudah dikenal di masyarakat serta digunakan di banyak sekolah untuk pembelajaran secara daring. Pemaparan mulai dari membuat akun Google, mendaftar di Google Classroom, membuat kelas, bergabung di kelas, membuat materi pelajaran, membuat tugas, mengupload  tugas, dan melihat nilai para peserta.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB, para peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias karena kegiatan ini sangat mereka butuhkan, terutama saat masa pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dari rumah. Dalam menyampaikan materi tutor menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan materi yang disampaikan juga dapat diterima dengan mudah oleh pengurus dan anggota PKK kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priuk Jakarta Utara. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan rutin setiap semester, kegiatan ini juga memberikan manfaat untuk para peserta umumnya dan para dosen khususnya, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bagi para dosen terhadap masyarakat dalam hal berbagi ilmu pengetahuan. Diakhir pelatihan perwakilan PKK kelurahan Kebon Bawang dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *