Pelatihan Google Classroom Bagi Yayasan Keluarga Muslim The Castilla BSD

Universitas Bina Sarana Informatika Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi melaksanakan rangkaian kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM),  dengan “Pelatihan Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid19 Pada Asrama Istana Yatim Tangerang Selatan”  yang bertempat di Istana Yatim  Jl. Nias Raya No. 6 Kelurahan Rawa Mekar Jaya Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan dilaksanakan tanggal 10-11 Oktober 2020 jam 10.00 – 14.00 WIB. Jumlah peserta yang  mengikuti pelatihan sebanyak 20 orang, antara lain adalah santri dan staf pengurus Istana Yatim Tangerang Selatan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan secara daring atau online menggunakan Zoom Video Conference dengan link dikarenakan kondisi pandemic saat ini yang tidak memungkinkan untuk pelatihan secara tatap muka dan mengikuti aturan protocol kesehatan dengan menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran virus covid19. Dengan link https://us02web.zoom.us/j/84472185080?pwd=YkEvV1BMZzhub2xuaUlYbEFDUXhtZz09.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Yayasan Keluarga Muslim The Castilla yaitu Bapak Faisal Achmad Mundji dan dilanjutkan dengan penyampain materi oleh Tutor Bapak Sriyadi, M.Kom dibantu dengan rekan dosen lainnya yaitu Ibu Wisti Dwi Septiani, M.Kom selaku Ketua pelaksana dan Tim Tutor yaitu Bapak Anjas Ramadhani, M.Kom, Ibu Hoiriah, S.Si, M.Kom, Bapak Mohammad Noviansyah, ST, M.Kom, Ibu Wasilatun Nikmah, S.Pd, MM, dan Pri Camelia Marissa Jannah perwakilan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini . Meskipun pelaksanaan dilakukan menggunakan Video Conference tidak mengurangi antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 pagi sampai jam 14.00 WIB.

Pelaksanaan Pelatihan Google Classroom ini bertujuan untuk menambah wawasan anak-anak di Istana Yatim dalam memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masa Pendemi Covid19 dengan metode belajar daring atau online yang menunjang dilakukannya pembelajaran jarak jauh. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan dalam implementasi Google Class Room yang suatu waktu dapat dimanfaatkan di Istana Yatim untuk belajar jarak jauh.

Pelatihan dimulai dari perkenalan classroom, pembuatan classroom, penjelasan login sebagai siswa atau pengajar, pembuatan kelas dan lainnya. Materi berupa panduan dalam pembuatan classroom ini juga dibagikan kepada peserta untuk memudahkan prakteknya.

Peserta mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan baik dan pertanyaan-pertanyaan terkait informasi yang baru peserta dapatkan mengenal Google Classroom terselesaikan dengan adanya sesi tanya jawab. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan pembelajaran dengan menggunakan media Google Classroom ini Yayasan Keluarga Muslim The Castilla dapat memanfaatkannya suatu waktu jika diperlukan khususnya untuk kegiatan yang menunjang di Asrama Yatim.

Di akhir pelatihan, Ketua Yayasan menyampaikan terima kasih kepada Universitas Bina Sarana Informatika atas pelatihan yang telah diberikan. Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang telah mengikuti dengan baik pelatihan ini diberikan souvenir dan ditutup dengan pemberikan kenang-kenangan untuk Asrama Istana Yatim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *