Pelatihan Design Template dan Animasi Microsoft Power Point

Sabtu, 10 Oktober 2020,   Universitas BSI, Fakultas Teknik dan Informatika kampus karawang mengadakan Pengabdian Masyarakat  di salah satu yayasan Rumah Harapan dengan tema “Pelatihan Design Template dan Animasi Microsoft Power Point Bagi Anak-Anak Didik Yayasan Rumah Harapan Karawang”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Sistem Informasi, yaitu Abdussomad, Widya Apriliah, Hasan Basri, Erni Ermawati, Ilham Kurniawan, Dian Ardiansyah serta Dina Meiliana selaku perwakilan mahasiswa. Pesertanya berjumlah 20 orang, berasal dari anak-anak asuh yayasan Rumah Harapan. Yayasaan Rumah Harapan Karawang merupakan sebuah lembaga kesejahteraan sosial anak yang berlokasi di Jl. Panatayudha 1 No.15, Nagasari, Kec. Karawang Barat., Kabupaten Karawang, Jawa Barat dimana dalam lembaga ini terdiri para anak yatim, piatu, dhu’afa, anak-anak terlantar yang ditempatkan dalam lembaga ini agar dapat hidup lebih layak dan terpenuhi segala kebutuhan sandang, pangan, pembekalan kompetensi, life skill dan pendidikannya.

Pandemi Covid-19 sedang mewabah di Indonesia mengakibatkan  sejumlah aspek kegiatan turut merasakan dampak dari persebaran wabah ini sehingga mengakibatkan beberapa perubahan-perubahan yang dialami oleh sejumlah bidang seperti teknologi, ekonomi dan pendidikan  termasuk kegiatan dalam bersosialisasi dengan antar individu hingga kegiatan tri dharma dosen pun mengalami dampak perubahan tersebut. Oleh sebab itu, dengan upaya pencegahan pandemic covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet dengan menggunakan zoom meeting  dengan link berikut https://zoom.us/j/8387243911?pwd=Zkl2VXpQMGZpNTM2dy9waEd4SUhpUT09 atau dapat join dengan menggunakan Meeting ID 8387243911 dan Passcode 388900. Materi disampaikan oleh Ilham Kurniawan selaku tutor. Dimulai dengan memperkenalkan tata cara menjaga kebersihan  dengan mencuci tangan menggunakan sabun, untuk mencegah pandemic covid-19. Dilanjutkan dengan memperkenalkan salah satu fitur dari Microsoft yakni PowerPoint .

Praktek pelatihan menggunakan aplikasi PowerPoint tutor menyampaikan cara-cara Design Template dan Animasi menggunakan Microsoft PowerPoint karena aplikasi ini banyak digunakan untuk keperluan tugas sekolah dalam hal presentasi project dan banyak lagi manfaat lainnya. Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 09.00 – 11.30, ketertarikan anak-anak pada materi ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mengikuti hal-hal yang disampaikan oleh tutor sesuai dengan modul dan tutorial. Semua peserta selesai mengerjakan semua latihan dari tutor. 

Ilham Kurniawan selaku tutor pada kegiatan workshop pengabdian masyarakat mengatakan bahwa workshop ini mempunyai capaian agar anak-anak Yayasan Rumah Harapan Karawang mempunyai pengembangan kompetensi dan ilmu baru dalam merancang template dan animasi yang menarik dan interaktif dengan  menggunakan media microsoft power point.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi anak asuh kami materi pembuatan template dan animasi sangat menarik membuat anak-anak antusias dalam mengikuti materi dari awal hingga akhir semuanya diikuti” Ujar salah satu Pendamping Yayasan. “kami berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan untuk menambah wawasan anak-anak asuh kami. Mudah-mudahan corona segera berakhir sehingga kegiatan seperti ini kedepannya dapat dilaksanakan secara langsung maupun offline“ imbuhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *