Optimalisasi Teknologi Digital dan Media Sosial Saatnya Beralih ke Online

Universitas Bina Sarana Informatika bersama PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia) mengadakan Seminar dengan topik “Optimalisasi Teknologi Digital dan Media Sosial Saatnya Beralih ke Online”. Seminar ini turut mendukung Pemerintah menargetkan sebanyak 10 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun ini bisa go digital atau memasarkan produk dan layanannya secara daring. 

Sesuai dengan topiknya, Dosen UBSI memaparkan beberapa kiat terkait bisnis UMKM di tengah era digital. Pemateri 1 yakni Lidya Fransisca, S.I.Kom, M.M. menjelaskan mengenai membangun branding image produk dan jasa di media online melalui konten. Hartana, M.T. memaparkan penggunaan aplikasi Camtasia dalam membuat video yang dapat memberikan tampilan video lebih baik dan menarik. Optimalisasi fitur Instagram, salah satu media sosial yang banyak digunakan, dijelaskan pemateri ke-3 yakni R. Deasy Mandasari, M.T. Rangkaian webinar tersebut, tidak hanya memperkenalkan bagaimana optimalisasi media online dalam kegiatan UMKM namun juga memaparkan pentingnya pemahaman penggunaan dan aplikasi media untuk mendongkrak minat dan keputusan membeli pasar sehingga UMKM tetap bisa bersaing dan bahkan menjadi unggul.

Kegiatan diselenggarakan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020 Pkl. 08.00-11.30 WIB via Zoom Meeting yang dihadiri oleh 65 peserta dari UMKM, mahasiswa, akademisi, praktisi bisnis, dan umum. Hasil dari kegiatan tersebut yang diperoleh melalui survey daring menyatakan bahwa seluruh peserta merasa puas dan materi dirasa sangat bermanfaat. Ditambah lagi para responden menyatakan bahwa seminar ini terasa berbeda dari seminar lain yang menyajikan topik serupa. Pemateri dinilai konsisten dan jelas dalam pemaparannya dan diharapkan UMKM dapat terpelihara sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta pengetahuan mereka terkait bisnis media digital. Tidak lupa sebagai apresiasi untuk peserta yang mengikuti seminar ini telah mendapatkan eBook Premium mengenai Bisnis Digital dan Sosial Media, slide Materi, dan e-Certificate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *