Workshop Pemanfaatan Google Classroom Bagi Ibu-ibu PKK

Penduduk di wilayah Kelurahan Kebon Bawang sangat heterogen, oleh karena terdapat banyak suku bangsa yang tinggal/menetap di wilayah Kelurahan Kebon Bawang. Adapun sebaran jumlah penduduk berdasarkan data laporan Dinas Kependudukan bulan September 2017 adalah sebagai berikut : jumlah penduduk dalam wilayah Kelurahan Kebon Bawang yang terdiri dari 16 RW dan 195 RT jumlah Kepala Keluarga sebanyak 22.886 KK dan jumlah penduduknya sebanyak 70.319 jiwa yang terdiri dari Laki-laki sebanyak 35.583 jiwa dan Perempuan sebanyak 34.736 jiwa. 

Penduduk disanapun  perkerjaan beragam ada wisawasta, ibu Rumah Tangga, Guru dam lain-lain. Didaerah tersebut terbentuklah TP PKK Kelurahan Kebon Bawang dalam menunjang kegiatan daerah sehingga ada sesautu yang dikerjakan bersama demi kebersamaan penduduk setempat. Kegiatan PKK di lingkungan ini juga beragam seperti penyuluhan posyandu maupun penyuluhan tentang kesehatan kepada warga setempat. 

Dialam penyuluhan saat ini penyuluhan tetntunya tidak bdiperbolehkan untuk berkerumun atau pertemuan warga dalam jumalah banyak mengingat pandemi Covid-19 belum mereda. Oleh karena itu dibutuhkan media lain seperti  WhatsApp. Namun pada WhatApp dirasa sangat kurang karena untuk pemberitahuan langsung hanya sebatas Video Call yang jumlahnya terbatas. Dari kendala tersebut mulai digukanalah media Zoom meeting dimana jumlah anggota yang ikut bisa lebih banyak. 

Didalam pertemuan meeting terebut terkadang ada materi yang harus di share dan di beri tanggapan langsung oleh peserta sehingga ibu-ibu PKK agak kesulitan untuk mencari solusi. Gayung pun bersambut dimana Para Dosen dar Universitas Bina Sarana Informatika akan memberikan satu alternatif penyelesaian masalah terbut diantaranya menggunakan Google Classroom. Dari usul tersebut maka ibu-ibu PKK meminta supaya diberikan materi Worshop berupa Google Classsroom yang akan disampaikan melalui Penggabdian Masyarakat..

Kegiatan Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020 mulai  pukul 09.00 hingga 12.00 WIB yang dihadiri oleh rekan-rekan panitia, tutor, dosen UBSI dan peserta yaitu Ibu-ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang secara daring menggunakan media zoom meeting.

Pertama adanya sambutan dari Bapak Lurah Wily Hardiana, SE., AK kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Ibu Ani Okatarini, M.Kom. Acara Workshop Goggle Classroom ini akan dipandu oleh Tutor dari Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi (D3) yang dietuai oleh Ibu Suhar Janti, M.Kom. Pada saat penjelasan terlihat begitu antusiasnya para peserta dari Ibu-ibu PKK tersebut yang ditandai dengan banyaknya pertanayaan terkait materi. Materi yang disampaikan terlebih dahulu cara Memulai Google Classroom, Membuat Pengumuman, Memposting Materi,  Memposting Tugas/ Tanggapan, sampai dengan melihat hasil tugas/tanggapan. 

Penggunaan Goolgle Classroom dinilai cukup penting untuk Ibu-ibu PKK Kebon Bawang dimasa pandemi saat ini yang menuntut akses data menggunakan metode daring. Selain untuk penyeuluhan warga juga dapat digunakan sebagai bahan mengajarkan ke anak-anak mereka mengingat saat ini belajar-mengajar di DKI Jakarta masih menggunakan metode daring. 

Setelah penyampaian materi inti tentang Googe Classroom, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh Tutor dari UBSI. Pesan dari Ibu-Ibu PKK tersebut bahwa kedepannya para pengajar dari UBSI mau membagikan ilmunya kembali ke mereka untuk kegiatan workhop-workhop seperti ini.

Setelah selesai pemberian tanya jawab acara terakhir yaitu, peserta mengisi kuesioner secara online berisi tanggapan peserta terhadap pelaksanaan pengabdian masyarakat tersebut. Acara pun berakhir ditutup oleh mc dan panitia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telibat dalam suksesnya terselenggaranya kegiatan pengabdian masayarakat bersama Ibu-ibu PKK Kebon Bawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *