Pemanfaatan Macro Excel Dalam Menyusun Laporan

Tepat pada hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2020 Universitas Bina Sarana Informatika kampus Karawang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dosen-dosen dari program studi Sistem Informasi yang terdiri dari Eko Haryadi selaku ketua pelaksana, Muhammad Faittullah A M.Kom selaku tutor, Dewi Yuliandari, Diah Wijayanti, Asep dan Popon Rabia Adawia sebagai anggota.  Pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan komputer dengan tema Pemanfaatan Macro Excel bagi Pemula Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Laporan. Pengabdian masyarakat dilaksanakan tepat pukul 09.00 pagi dengan peserta yaitu para pelajar khususnya siswa/i SMP dan SMA yang terdapat di Yayasan Rumah Harapan Panatayuda Kabupaten Karawang. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah kurang lebih 20 orang. 

Mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid 19 maka pengabdian kali ini dilaksanakan menggunakan zoom online dengan  Meeting ID 825 468 3785    Password 184933 link zoom: https://us02web.zoom.us/j/8254683785?pwd=V05PQWtiUHdUY0ZoSkNKWWEyT1Nudz09 . Selain itu siswa/i yang mengikuti zoom online juga diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan mengenakan menggunakan masker dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Materi pelatihan disampaikan oleh tutor yaitu Muhammad Faittullah A M.Kom. Tema Pemanfaatan Macro Excel Untuk Pemula Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Laporan yang disajikan dalam pengabdian masyarakat ini diambil sebagai upaya memperkenalkan kepada siswa/i di dalam menyusun laporan dengan menggunakan macro excel. Antusias diperlihatkan oleh para peserta dengan menyimak materi secara serius dan banyaknya para peserta yang mengajukan pertanyaan. Setelah materi disampaikan selanjutnya tutor memberikan latihan penyusunan laporan dengan menggunakan macro excel. Para peserta begitu semangat mempraktekkan materi yang telah diperoleh dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh tutor. Beberapa orang dosen yang bertindak selaku anggota dan pendamping tutor membantu dan membimbing para peserta di dalam praktek mengerjakan latihan lewat chat atau bertanya secara langsung di media zoom. Terlihat mereka saling berdiskusi satu dengan yang lainnya untuk memastikan bahwa mereka telah melakukan input data dan pengolahan data secara benar. 

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat hingga mendekati waktu shalat Dhuhur. Beberapa siswa/i telah selesai mengerjakan latihan dan pelaksanaan pelatihan juga telah di penghujung acara. Namun sebelum mengakhiri pengabdian masyarakat Bapak Eko Haryadi selaku ketua Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Yayasan Rumah Harapan Panatayuda dan menyerahkan kenang-kenangan. Harapan kami semoga kegiatan pelatihan komputer ini bermanfaat dan dapat dipraktekkan oleh siswa/i di dalam kegiatan belajar disekolah atau di kegiatan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *