Pelatihan Daring Pembuatan Slide Presentasi Dengan Microsoft Power Point

Sabtu, 10 Oktober 2020, Universitas BSI, Fakultas Teknik dan Informatika mengadakan Pengabdian Masyarakat  di Kelurahan Kebon Bawang Tanjung Priok Jakarta Utara,  dengan tema “Pelatihan Membuat Slide Powerpoint Untuk Mendukung Presentasi Daring Di Masa Pandemi”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Sistem Informasi (D3), yaitu Ali Haidir, Adjat Sudradjat, Agus Salim, Rahdian Kusuma Atmaja, Rino Ramadan, Ishaq Komarudin, serta mahasiswa. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang, yang berasal dari ibu-ibu pengurus dan anggota PKK Kelurahan Kebon Bawang.

Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan mematuhi protokol Kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka pengabdian masyarakat semester ini dilaksanakan secara daring. Para dosen panitia dan ibu-ibu peserta pengabdian masyarakat terhubung lewat fasilitas internet dengan menggunakan media zoom cloud meeting pada link https://us02web.zoom.us/j/8625175568?pwd=YnRhbXY2cmw3OUUrbXFxL29KL3Mvdz09 dengan Meeting ID: 862 517 5568 dan Passcode: 868150. Sebelum pelatihan dimulai, Rino Ramadan selaku MC menyampaikan susunan acara pengabdian masyarakat. Ali Haidir selaku ketua panitia memberikan sambutan singkat, diantaranya menyampaikan sosialisasi penerapan 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak, serta menyampaikan tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat, yaitu membekali pengurus dan anggota PKK dengan kemampuan membuat slide presentasi power point. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Lurah Kebon Bawang, Willy Hardiana, SE. Ak, M.Si, yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada dosen-dosen Universitas BSI yang terus berkontribusi positif bagi masyarakat dengan cara-cara yang kreatif, meski di masa pandemi Covid 19 saat ini. 

Adjat Sudradjat sebagai tutor pertama memberikan materi dasar-dasar power point, seperti pengenalan jendela powerpoint, menu fasilitas yang ada didalamnya, cara penggunaan mulai dari membuat slide baru, menyimpan file dan membuka file yang sudah disimpan. Kemudian Ishak Komarudin sebagai tutor kedua mempraktekan langsung pembuatan slide presentasi sederhana. Para peserta menunjukan ketertarikannya terhadap materi yang disampaikan oleh tutor. Agus Salim dan Rahdian Kusuma Atmaja memandu sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman peserta terhadap materi pelatihan.  Acara yang dimulai Pukul 09.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB ini, diakhiri pengisian kuesioner peserta dan dengan permainan kuis daring yang dipandu oleh Ayu Izza Fauziyah dengan aplikasi quizizz di link: https://quizizz.com/join?gc=230042 dengan password: 230042. Ada 5 souvenir yang diberikan panitia kepada 5 orang pemenang kuis daring tersebut.

Keterbatasan pertemuan fisik dalam berkegiatan membutuhkan cara yang tepat untuk menyampaikan laporan secara langsung. Kegiatan pengabdian masyarakat secara daring ini sangat bermanfaat bagi peserta untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuat slide power point sebagai media yang tepat untuk melakukan presentasi, terutama dalam pertemuan daring PKK Kelurahan Kebon Bawang. (AJT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *