Menghentak Semangat UMKM Menuju Era Digital Dengan Aplikasi Buku Warung

Guna menggebrak semangat UMKM berbasis digital, mengubah catatan manual dan beralih ke catatan digital, maka pada tanggal 10 Oktober 2020  diadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di lingkungan Yayasan Rumah Harapan Karawang yang beralamat di jalan Panatayuda I No.15, Nagasari, Kec. Karawang Barat-Karawang Jawa Barat.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh dosen Prodi Sistem Informasi Akuntansi kampus kabupaten Karawang dibawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika yang bekerja sama dengan pimpinan Yayasan Rumah Harapan Karawang. Pelaksanaan kegiatan ikut melibatkan 2 orang mahasiswa. Adapun nama nama dosen yuang terlibat dalam kegiatan ini adalah; Dede Firmasyah Saefudin, M.Kom, Lukmanul Hakim, S.I.P., MM, Suhardi S.Sos., MM, Titik Misriati, M.Kom dan Andreas Rudiwantoro, SE, MM.

Lebih jauh kegiatan ini diselenggarakan atas dasar kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh peserta khususnya siswa/siswi yayasan rumah harapan yang sedang belajar usaha mikro yakni berjualan asesoris hijab,pin dan lain-lain. Untuk membantu dalam hal pencatatan keuangan yang mudah dan praktis dengan aplikasi berbasis android.

Kegiatan pengabdian dilakukan secara virtual meeting melalui aplikasi zoom. Jumlah peserta sebanyak 16 orang. Yayasan Rumah Harapan Karawang memiliki 1 unit usaha sederhana berupa toko kecil  yang menyediakan  makanan ringan berupa cemilan dan souvenir khas karawang serta menyediakan sayuran organik produksi Rumah Harapan Karawang. Usaha lain berupa kegiatan non profit, yaitu menerima sumbangan dana masyarakat guna diteruskan kepada anak-anak yatim piatu dalam bentuk bantuan dana pendidikan.  

Selama ini penerimaan uang penjualan dan penerimaan uang sumbangan serta seluruh catatan pengeluaran uang masih dilakukan secara manual. Disimpan dalam buku-buku yang terpisah. Ini tentunya sangat merepotkan jika membutuhkan informasi yang cepat. 

Virtual meeting dimulai jam 9:00 sampai selesai. Diawali kata pembukaan dan doa yang dibawakan oleh Suhardi S.Sos., MM, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang diberikan oleh Dede Firmasyah Saefudin, M.Kom selaku ketua tim pengabdian masyarakat.

Topik bahasan yang disampaikan adalah memperkenalkan Aplikasi Buku Warung dan disampaikan secara lugas dalam bentuk workshop online. Oleh karena itu tema yang dibawa saat pengabdian masyarakat mengambil Judul “Workshop Membuat Pencatatan Dan Laporan Keuangan UMKM Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Android Buku Warung di Yayasan Rumah Harapan Karawang”. 

Materi workshop disampaikan oleh Lukmanul Hakim, S.I.P., MM. Langkah demi langkah diajarkan untuk membuka dan mengaktifkan  buku warung. Memperkenalkan modul apa saja yang tersaji di aplikasi buku warung dari penerimaan uang sampai pembuatan laporan keuangan.

Tingginya tingkat antusias para peserta dalam mengikuti langkah demi langkah setiap pemaparan materi, membuat suasana pembelajaran semakin menarik walaupun dilakukan secara online. Penambahan  materi lewat youtube menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Pimpinan Rumah Harapan Karawang memberikan kesan positif dan berharap kegiatan positif ini terus berkelanjutan untuk periode periode berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *