Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Sarana Pendukung Proses Pembelajaran Daring

Sabtu dan Minggu, 26 dan 27 September 2020,   Universitas BSI, Fakultas Teknik dan Informatika mengadakan Pengabdian Masyarakat kepada warga RT. 008/RW.010 Pela Mampang Jakarta Selatan,  dengan tema “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Sarana Pendukung Proses Pembelajaran Daring di masa Pandemi”.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Ilmu Komputer, yaitu Riska Aryanti, Atang Saepudin, Tri Wahyuni, Rizky Ade Safitri, Sarifah Agustiani,  Siti Khotimatul Wildah serta beberapa orang mahasiswa. Pesertanya berjumlah kurang lebih 20 orang, berasal dari warga dan anak-anak RT 008/RW 010, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. 

Sehubungan dengan upaya pencegahan pandemic covid-19, pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring. Panitia dan para peserta terkoneksi melalui fasilitas internet dengan menggunakan zoom meeting  dengan Id 93273153314 dan Pasword 348943. Materi disampaikan oleh Atang Saepudin. Penyamapaian materi dalam pelatihan ini dilakukan secara detail mulai dari membuat account google, mendaftar di google classroom, membuat kelas, dan bergabung di kelas, membuat materi pelajaran, membuat tugas, mengupload  tugas, dan melihat nilai para peserta.

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 dan berlangsung selama 2 kali pertemuan pada hari Sabtu dan Minggu. Ketertarikan anak-anak pada materi ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mencatat hal-hal yang belum tertera di modul, bahkan antusias bertanya mengenai hal yang ingin mereka ketahui yang mungkin belum dipahami. Sebagai apresiasi atas antusiasme peserta dalam bertanya, kami memberikan cinderamata bagi anak-anak yang mengajukan pertanyaan terbaik berupa pulsa sebesar 50 ribu rupiah.

Di Akhir  pelatihan. Ketua RT.008/RW.010 dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dengan peserta warga dan anak-anak Pela Mampang.  Materi yang telah disampaikan  bisa membantu anak-anak dalam mengikuti pembelajaran pada masa covid-19 ini,. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dengan tetap bisa beraktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *