Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Ibu-ibu PKK RW.06 Kelurahan.Gembor

Pada hari Sabtu, 26 September 2020, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Bisnis , Universitas Bina Sarana Akuntansi telah melakukan Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan. Pelatihan yang diberikan terkait pengelolaan keuangan keluarga di masa Pandemi Covid-19 dengan metode Cashflow Management yang ditujukan kepada ibu-ibu PKK RW.06 Kelurahan Gembor, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang. Kegiatan dilaksanakan pada puku 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB secara online. Pelaksanaan dilakukan secara online menggunakan zoom meeting dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di kota Tangerang.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ibu Marni selaku Ketua PKK RW.06 Kelurahan Gembor, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang. Pelatihan dihadiri kurang lebih 15 peserta  dari Ibu PKK RW.06 Keluarahan Gembor, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang. Materi mengenai Pelatihan Pengelolaan Keuangan keluarga di masa Pandemi Covid-19  disampaikan oleh Ibu Ninuk Riesmiyantiningtias,S.E, M.Ak selaku Ketua Pelaksana dan dibantu oleh para tutor diantaranya : Bpk Ade Onny Siagian,S.H.,M.I.Kom.,M.M.,M.H.,M.A, Purbo Gunarto,M.M dan Putri Novianti (mahasiswa). Selama pelaksanaan pelatihan, peserta sangat antusias dalam mengikuti paparan dari para tutor karena materi yang disampaikan dapat memberikan informasi dan membantu ibu-ibu dalam melakukan pengelolaan keuangan keluarga di masa Pandemi-Covid 19. Penyampaian materi juga mudah dipahami oleh peserta terlihat dari keaktifan peserta untuk bertanya dan keikutsertaan sampai selesainya acara.

Penyampaian pelatihan berisi tentang pengelolaan ekonomi rumah tangga yang bertujuan menggerakkan potensi ekonomi keluarga untuk memastikan pemenuhan kebutuhan ekonomi anggota keluarga secara optimum, stabilitas kehidupan ekonomi keluarga dan pertumbuhan ekonomi keluarga. Peran ibu sebagai motor penggerak keluarga yang mengelola keuangan harus memiliki kemampuan dalam mengatur prioritas kebutuhan dan memastikan tercukupi. Di tengah kondisi Pandemi Covid-19, ketidak pastian penghasilan dapat menyebabkan tidak tercukupi kebutuhan keluarga terutama yang mendasar. Ibu-ibu diajarkan bagaimana membuat rencana pendapatan dan pengeluaran dengan skala prioritas, melakukan pencatatan pengeluaran serta monitoring dan pengalokasiaan dana tabungan.

Pada akhir acara pelatihan, dilakukan dokumentansi bersama peserta dan Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. Harapan dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan ibu-ibu PKK untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan membuat anggaran belanja, pencatatan pengeluaran dan monitoring realisasi pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *