Pengenalan Google Classroom Dalam PJJ Daring Dimasa PSBB Transisi

Jakarta – Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Secara kelembagaan langsung pada masyarakat melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan masyarakat. 

Dosen Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta program studi Teknik Industri Fakultas Teknik & Informatika, melaksanakan pengabdian masyarakat pada hari Sabtu-Minggu (26-27 September 2020). Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Video Conference dengan peserta dari kalangan warga dilingkungan Mampang Prapatan yang berdomisili di RT. 008/ RW. 010, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, jumlah peserta kurang lebih 20 orang.

Kewajiban dilingkungan tenaga pengajar Andika Bayu Hasta Yanto, M.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan dengan melaksanakannya kewajiban Tri Dharma yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

“Perkembangan dunia digital sangat banyak membantu dalam berbagai bidang terutama dalam kegiatan informatika dan komunikasi, terutama terkait dengan belum mengetahui bagaimana cara menggunakan sistem informasi dengan baik” ujarnya.

Materi dalam kegiatan ini mengenai praktek pembuatan sekaligus pengenalan video conference dengan menggunakan Google Classroom yang disampaikan oleh Hermanto, M.Kom selaku tutor yang menjelaskan, penggunaan Google Classroom untuk melakukan video conference terkait dengan belum mengetahui bagaimana cara menggunakan sistem informasi dengan baik.

“Pembahasan yang disajikan kali ini mengenai Kegunaan Google Classroom, Menjadi host, Membuat rencana kegiatan, Membuat Google Form, Mengenalkan Google Doc untuk berdiskusi dengan audiens sampai melakukan pengenalan berbagai jenis platform video conference” papar hermanto.

Setelah serangkaian materi disampaikan, serta berjalannya pelaksanaan kegiatan tersebut dengan lancar dan respon yang sangat antusias dari para peserta warga pela mampang. Ada hadiah berupa doorprize untuk peserta kegiatan pelatihan tersebut, dengan harapan untuk lebih memahami materi yang telah diberikan tutor dan bisa menerapkan serta mengembangkan pengolahan pada bidang sistem informasi dan komunikasi dengan baik.

Tidak hanya Andika dan Hermanto ada beberapa dosen lainnya serta salah satu mahasiswa yang turut ikut berpartisipasi, yakni Miwan K. Hidayat, ST. M.Kom, Ade Suryanto, M.Kom, Adhi Dharma Suriyanto, M.Kom, Rian Ardianto, S.Kom, Destiana Putri, S.Kom dan M. Jainul Amri Lubis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *