Penyuluhan Dini Tentang Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Positif Pada Komunitas Mersi FM

Pada hari Minggu Tanggal 13 September 2020, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika telah mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Penyuluhan Dini Tentang Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Positif Pada Komunitas Mersifm Fans Club “. Dosen yang terlibat pada penyelenggaraan kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini yaitu Ayuni Asistyasari, Indah Puspitorini, Supriatiningsih, Nur Aini Setyawati, Harun Al Rasyid, Eko Yulianto dan juga beberapa mahasiswa. Sesuai dengan tema, para peserta yang mengikuti Pengabdian Masyarakat ini yaitu anggota komunitas Mersifm Fans Club dengan peserta yang hadir berjumlah 12 Orang. Kegiatan ini sendiri diadakan di Kediaman Pembina Mersi Fans Club, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo RT 01/11 No.21 Peninggilan Utara, Ciledug Tangerang.

Sehubungan  dengan adanya PSBB yang masih berlaku diwilayah Tangerang, maka pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara online menggunakan zoom meeting. Materi disampaikan oleh Indah Puspitorini dimana terlebih dahulu sedikit mengingatkan tetang beberapa protokol kesehatan dan dibantu para anggota lainnya apabila ada pertanyaan yang diajukan baik melalui chat maupun audio. 

Materi inti yang disampaikan yaitu tentang pengaturan-pengaturan terhadap aplikasi maupun web yaitu seperti Google, youtube dan Playstore. Aplikasi atau web tersebut adalah hal yang lumrah digunakan oleh anak-anak khususnya ketika adanya kegiatan belajar dari rumah. Sehingga dengan adanya pengaturan-pengaturan tersebut diharapkan mampu menunjang kegiatan positif dan menghindari perilaku ataupun tindakan negative selama mereka aktif menggunakan gadget.

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 13.00 – 16.00, ketertarikan para peserta yang mayoritas sudah memiliki anak patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh Tutor. Mereka mendengar dan mencatat hal-hal yang belum tertera dimodul.  Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, MC  memberikan pertanyaan dan semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, kami memberikan cendera mata bagi para peserta tersebut berupa paket data.

Di akhir  pelatihan. Pembina komunitas mersi fm fans club dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang mendalam atas waktu dan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan.  Materi yang telah disampaikan diharapkan mampu lebih meningkatkan kegiatan dalam mengikuti pembelajaran maupun bermain di rumah pada masa covid-19 ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *